Cuaca Cerah, Gerhana Bulan Total Terlihat Jelas di Lembang

Gerhana Bulan Total di Peneropongan BMKG Stasiun Geofisika Bandung di Lereng Anteng, Kecamatan Lembang.

Gerhana Bulan Total di Peneropongan BMKG Stasiun Geofisika Bandung di Lereng Anteng, Kecamatan Lembang.

POJOKBANDUNG.com, LEMBANG – Fenomena alam gerhana bulan total terlihat jelas di kawasan Lembang, Kabupaten Bandung Barat.


Kepala BMKG Stasiun Geofisika Bandung Teguh Rahayu, mengatakan, pengamatan gerhana menggunakan teleskop yang terhubung dengan layar monitor secara langsung dan dapat dilihat oleh masyarakat.

“Kami gunakan teropong, tapi saat ini pandemi, untuk memecah kerumunan kita bagi menjadi tiga layar. Jadi bisa dilihat di pintu masuk, tengah, dan di balkon ini,”katanya, Rabu (26/5/2021).

Ia menambahkan, pengamatan mulai pada fase awal pukul 15.40 WIB. Selanjutnya, fase gerhana bulan sekitar pukul 18.09 WIB.

“Kemudian, pukul 18.18 WIB kita bisa melihat fase gerhana bulan total secara jelas dan berakhir pada 18.28 WIB dan bulan kembali normal pukul 21.00 WIB,” jelasnya.

Rahayu menyebut, sejauh ini cuaca pada fenomena alam gerhana total tersebut cukup baik. Dengan begitu, fase demi fase proses gerhana teramati jelas oleh mata telanjang.

“Puncak gerhana dengan cuaca pun mendukung. Tadi di kamera pun terlihat jelas,” tegasnya.

Ia menegaskan, fenomena alam ini tidak terlalu berdampak signifikan terhadap alam. Namun demikian, gelombang air di pesisir pantai terjadi kenaikan.

“Hanya saja di pesisir pantai ada kenaikan tinggi gelombang, sebagai contoh di pesisir pantai Jawa Barat normal nya 1,5 sampai 2 meter. Pengamatan tadi pukul 7 pagi tinggi gelombang mencapai empat meter,” katanya.

(kro)

Loading...

loading...

Feeds