Bangunan Liar di KBU Picu Banjir, Pemerintah Akan Periksa IMB

ILUSTRASI

ILUSTRASI

POJOKBANDUNG.com, LEMBANG – Pemerintah Kabupaten Bandung Barat berupaya maksimal menuntaskan permasalahan banjir yang kerap terjadi di Kawasan Pasar Panorama Lembang.


Hal tersebut lantaran banyaknya bangunan yang berdiri di Kawasan Bandung Utara (KBU). Oleh karena itu, Pemkab Bandung Barat akan menginventarisir bangunan yang tak berizin.

Kasatpol PP KBB Asep Sehabudin mengatakan saat ini pihaknya sedang melakukan pendataan bangunan tak berizin yang berdiri di KBU. Termasuk wilayah mana saja yang seharusnya tak boleh berdiri bangunan di atasnya.

“Kita sedang berembuk dengan SKPD di provinsi, kota Bandung, Cimahi, melakukan pendataan bangunan yang tak berizin di KBU. Karena KBU kan bukan cuma punya KBB. Dari situ kita bisa menindaklanjuti dengan penertiban,” katanya, Minggu (23/5/2021).

Ia menegaskan, dalam upaya tersebut pihaknya tidak akan segan-segan memberikan tindakan tegas apabila bangunan yang sudah berdiri tidak berijin dan melanggar aturan.

“Intinya kita tidak akan pandang bulu, tidak melihat siapa pemiliknya. Kalau tak ada izin dan wilayahnya tak boleh dibangun terpaksa ditertibkan. Termasuk misalnya rumah Pak Bupati (Aa Umbara), dilihat apakah proses pembangunannya seperti apa. Kalau tidak ada izin harus ditertibkan,” tegasnya.

Salah satu kesulitan yang dialami saat melakukan pendataan bangunan tersebut kata Asep, yakni sistem pencatatan manual sejak Bandung Barat masih menginduk ke Kabupaten Bandung.

“Angkanya masih didata, karena ini kan data bangunan sejak peralihan KBB dari Kabupaten Bandung. Perizinan saat Kabupaten Bandung masih manual pendataannya,” jelasnya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan menegaskan, dalam waktu dekat pihaknya akan berkoordinasi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

“Saya akan berkonsultasi terlebih dahulu terkait masalah bangunan di KBU. Tidak menutup kemungkinan kita membentuk Satgas IMB,” katanya.

(kro)

Loading...

loading...

Feeds

24 Preman Tanjung Priok Digaruk Polisi

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Jajaran Satuan Reserse Polres Metro Jakarta Utara menangkap 24 preman yang kerap melakukan pungutan liar (pungli) di …