Cegah Penyebaran Korona, Tempat Wisata di Bandung Ditutup Satu Pekan 

TAOFIK ACHMAD HIDAYAT/RADAR BANDUNG 
DITUTUP: Petugas Linmas memberikan informasi penutupan sementara tempat wisata Taman Lalu Lintas di Jalan Sumatra, Kota Bandung, Minggu (23/5). (TAOFIK ACHMAD HIDAYAT/RADAR BANDUNG

TAOFIK ACHMAD HIDAYAT/RADAR BANDUNG DITUTUP: Petugas Linmas memberikan informasi penutupan sementara tempat wisata Taman Lalu Lintas di Jalan Sumatra, Kota Bandung, Minggu (23/5). (TAOFIK ACHMAD HIDAYAT/RADAR BANDUNG

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menutup enam tempat wisata mulai Minggu 23 Mei hingga 1 Juni 2021. Penutupan tempat wisata lantaran masih dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19.


Namun, sejumlah warga tampaknya belum mengetahui perihal kebijakan tersebut. Imbasnya, pada libur akhir pekan kemarin, Minggu (23/5/2021) tak sedikit warga mengunjungi sejumlah tempat wisata.

Misalnya terpantau di Taman Lalu Lintas, Jalan Belitung, Kota Bandung. Pantauan di lapangan, warga yang tak tahu adanya penutupan itu tetap datang dengan keluarganya. Namun, setibanya di sana, mereka kecewa karena tempat wisata kota itu tutup.

Seorang pengunjung, Novi mengaku tidak mengetahui pengumuman perihal penutupan Taman Lalu Lintas. Novi yang masih tinggal di Kota Bandung baru mengetahui kabar tersebut saat ia dan keluarga tiba di lokasi.

“Iya saya tidak tahu. Tadi saya ke sini ternyata tutup, ya,” ungkapnya kepada Radar Bandung, Minggu (23/5/2021).

“Saya termasuk yang memang jarang ke sini. Pernah tapi dulu. Tadi lihat saja ada pengumuman di sana (pintu masuk),” imbuhnya.

Novi ternyata tak sendiri, di samping gerbang Taman Lalu Lintas ada sejumlah warga lainnya, baik yang memakai kendaraan roda dua maupun empat tampak menepi dan memilih berdiam untuk sekadar duduk-duduk.

Beberapa pengunjung, kepada Radar Bandung mengatakan akan mencari tempat wisata lain. Sebagian warga, memilih untuk pulang kembali ke rumah.

Pihak keamanan Taman Lalu Lintas, Mutiara Rosta Amelia menegaskan, Taman Lalu Lintas tutup sebagai kebijakan yang telah dikeluarkan oleh Pemkot Bandung. Ia meminta kepada masyarakat untuk tak memaksakan datang ke lokasi.

“Kami tutup sesuai kebijakan yang sudah dikeluarkan,” katanya.

Beberapa lokasi wisata lainnya, seperti Kebun Binatang Bandung dan Karang Setra Water Land juga tampak tutup. Agak berbeda dengan situasi di Taman Lalu Lintas, di dua lokasi tersebut tak tampak antrean warga.

Kebun Binatang Bandung terlihat sepi. Pintu gerbang masuk tampak tertutup. Hanya terlihat sekuriti yang tetap bertugas menjaga lokasi tersebut. Di dekat pintu masuk, terlihat pula pengumuman serupa yang menyatakan akan tutup hingga 1 Juni mendatang.

Humas Kebun Binatang Bandung, Sulhan Syafi’i memastikan, pihaknya akan mengikuti kebijakan Pemkot Bandung.

“Sudah ada surat edaran kita tinggal ikuti saja. Kenapa tutup kita tidak tahu, cuma memang untuk mengatasi penyebaran Covid-19. Kita mengikut aturan saja,” katanya.

Sementara, kondisi sepi juga terpantau di Karang Setra Water Land. Seperti di Kebun Binatang Bandung, tak terlihat tumpukan warga yang hendak ke kolam renang tersebut. Gerbang masuk terlihat tertutup. Di depannya tertera pengumuman yang sama seperti yang terlihat di Kebun Binatang dan Taman Lalu Lintas.

Penutupan juga berlaku di Trans Studio Bandung. Komunikasi Pemasaran Trans Studio Bandung, Triya Filia Santi, para calon pengunjung yang sudah terlanjur memesan tiket dapat mengatur ulang jadwal.

“Kkita mengikuti instruksi dalam surat (tutup),” katanya.

“(Untuk tiket) Bisa di-reschedule, bisa ganti tanggalnya. Kami berusaha untuk mengikuti aturan sesuai aturan, dan kami pun berusaha memenuhi hak-hak pengunjung supaya bisa tetap main ke TSB di waktu yang lain,” pungkas Triya.

Keenam tempat wisata tersebut ialah Kebun Binatang Bandung, Taman Lalu Lintas, Karang Setra Water Land, Saung Angklung Udjo, Kiara Arta Park dan Trans Studio Bandung.

(muh)

Loading...

loading...

Feeds