Robot Zhurong Kirim Foto Permukaan Planet Mars

Foto yang diambil kamera rover penjelajah Zhurong pada 19 Mei menunjukkan permukaan Mars setelah mendarat di planet merah itu pada 15 Mei 2001 (CNSA/AFP)

Foto yang diambil kamera rover penjelajah Zhurong pada 19 Mei menunjukkan permukaan Mars setelah mendarat di planet merah itu pada 15 Mei 2001 (CNSA/AFP)

POJOKBANDUNG.com – Zhurong mengirimkan swafoto foto planet mars, Rabu (19/5).  Gambarnya berisi panel surya yang menjadi tenaganya dan tiang berlatar lahan kosong tanpa tanaman sama sekali.


Robot alias rover milik Tiongkok itu sudah beroperasi di planet Mars. Foto tersebut adalah gambar permukaan Mars.

Itu merupakan gambar perdana Zhurong pada Planet Merah setelah pendaratan bersejarahnya pada Minggu (16/5).

Zhurong merupakan rover pertama di dunia yang berhasil sampai di planet Mars dalam misi pertamanya.

Negara lain harus beberapa kali mencoba sebelum berhasil. Kedatangan Zhurong berselang beberapa bulan setelah rover milik Amerika Serikat, Perseverance.

Badan Luar Angkasa Nasional Tiongkok mengunggah foto Mars itu di akun media sosial mereka.

”Warganet, gambar Mars yang kalian rindukan ada di sini.” Demikian bunyi unggahan tersebut, seperti dikutip Agence France-Presse.

Zhurong diperkirakan menghabiskan 3 bulan di sana untuk mengambil foto dan memanen data geografis.

Beberapa tahun terakhir, Tiongkok memang menggelontorkan anggaran besar untuk program luar angkasanya. Mereka ingin mengejar ketertinggalan dari AS dan Rusia.

Astronot dan kosmonot dua negara itu telah memiliki pengalaman puluhan tahun dalam eksplorasi ruang angkasa.

Bulan lalu, Tiongkok berhasil meluncurkan modul pertama stasiun luar angkasa barunya.

Targetnya, stasiun yang diberi nama Tiangong itu bisa ditempati pada 2022. Negeri Panda juga ingin mengirim astronotnya ke bulan.

Rencananya, Kamis (20/5) mereka meluncurkan roket yang membawa suplai untuk Tiangong. Yakni, makanan dan baju luar angkasa. Namun, peluncuran ditunda karena masalah teknis.

Badan Antariksa Tiongkok tidak menyebut secara detail alasan penundaan itu. Total, dibutuhkan 10 misi peluncuran untuk menyelesaikan perakitan di orbit. Tiangong bakal berada di orbit rendah bumi selama 15 tahun.

(jpc)

Loading...

loading...

Feeds

PPDB Kolektif Diklaim Mampu Kurangi Angka Putus Sekolah

PTM Terbatas Harus Fokus pada Hal Esensial

POJOKBANDUNG.com – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) meminta penyelenggaraan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas perlu berfokus pada hal …