Gerhana Bulan Total Diprediksi Terjadi 26 Mei, Cek Jadwal untuk Melihatnya

POJOKBANDUNG.com, LEMBANG – Fenomena Gerhana Bulan Total (Super Blood Moon), diprediksi akan terjadi 26 Mei 2021 mendatang.


Fenomena alam itu terjadi berbarengan dengan Perige yakni bulan berada pada jarak terdekat dengan bumi. Bulan nantinya akan terlihat lebih besar dan tampak merah lantaran pembiasaan cahaya matahari oleh lapisan atmosfer bumi.

Peneliti Observatorium Bosscha Yatni Yulianti mengatakan, fenomena alam tersebut merupakan hal normal yang terjadi akibat revolusi bulan mengelilingi bumi.

“Dari segi interval pun Gerhana Bulan Total sendiri bisa terjadi pada satu tempat di bumi dalam interval 2,5 tahun,” katanya, Kamis (20/5/2021).

Ia menyatakan, masyarakat Bandung bisa melihat fenomena tersebut sekitar pukul 17.35 WIB. Pasalnya, pada pukul 15.47 di Bandung bulan belum nampak terbit pada wilayah ini.

“Gerhana Bulan Total akan mulai pukul 18:11 WIB dengan puncak gerhana terjadi pukul 18:18 WIB. Fase totalitas akan berlangsung sekitar 14 menit hingga kemudian seluruh rangkaian gerhana akan berakhir pada 20:49 WIB,” jelasnya.

Yatni mengungkapkan, dampak fenomena alam tersebut bakal terlihat dari pasangnya permukaan air laut. Gerhana bulan selalu terjadi pada saat fase bulan purnama.

“Untuk mengamati fenomena astronomi tersebut, observatorium Bosscha menyediakan program pengamatan malam virtual bagi masyarakat. Mengingat pengamatan langsung belum bisa dilakukan dampak pandemi COVID-19,” pungkasnya.

(kro)

Loading...

loading...

Feeds

24 Preman Tanjung Priok Digaruk Polisi

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Jajaran Satuan Reserse Polres Metro Jakarta Utara menangkap 24 preman yang kerap melakukan pungutan liar (pungli) di …