Kawanan Monyet Memasuki Kampus IPB

POJOKBANDUNG.com –  Diduga kehabisan makanan, kawanan monyet menyerbu Kampus IPB University di Desa Babakan, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor.


Dalam sebuah video yang direkam seorang petugas keamanan pada Senin (17/5/2021) kemarin, terlihat kawanan monyet datang dan berkeliaran di area gedung Departemen Biologi IPB University.

“Siang sekitar jam dua, kawanan monyet itu datang dari arah danau belakang kampus,” ujar Cipto W, petugas keamanan.

Cipto memperkirakan, ada sekitar belasan ekor monyet dengan berbagai ukuran baik indukan maupun anakan datang ke area kampus sejak hampir sepekan terakhir.

Bahkan ada beberapa ekor masuk ke salah satu ruangan dari lantai atas hingga turun ke bawah. “Biasanya datang siang sampai sore, mereka hanya cari makan tidak ganggu,” tambah Cipto.

Selama empat tahun ia bekerja di Kampus IPB University, baru kali ini Cipto melihat kawanan monyet datang ke area kampus.

Kemungkinan, Cipto menilai, tidak adanya aktivitas di kampus selama dua tahun terakhir membuat kawanan monyet itu berani datang ke area kampus.

Kampus IPB University sendiri masih terdapat banyak area hutan dan perkebunan, menjadi habitat berbagai jenis satwa termasuk monyet.

Terpisah, Sekretaris Pusat Studi Satwa Primata (PSSP) IPB University, Dr.Ir. Entang Iskandar, M.Si mengatakan, masuknya monyet berjenis ekor panjang liar ke dalam kampus IPB University Dramaga disebabkan beberapa faktor.

Selain masih diberlakukan perkuliahan online sehingga aktivitas kampus berkurang, faktor lainnya yakni sumber makanan yang semakin berkurang. “Alhasil mereka melihat rimbunnya pohon di IPB dan mencari makan alami,” terangnya.

Untuk itu, pihak kampus telah menyediakan beberapa kandang satwa baik di Kampus IPB maupun di perumahan dosen.

“Kami tempatkan di daerah yang merupakan menjadi daerah jelajah mereka,” tandasnya.

(cok/radarbogor)

Loading...

loading...

Feeds