Disekat Total! Polresta Bandung Prediksi Peningkatan Arus Balik Terjadi Besok

Petugas kesehatan melakukan tes cepat antigen ke pemudik di Pos Pengamanan Lebaran 2021 Cikaledong, Kabupaten Bandung, Minggu (16/5).

Petugas kesehatan melakukan tes cepat antigen ke pemudik di Pos Pengamanan Lebaran 2021 Cikaledong, Kabupaten Bandung, Minggu (16/5).

POJOKBANDUNG.com, SOREANG – Guna mengantisipasi arus balik usai lebaran, jajaran Polresta Bandung melakukan penyekatan terhadap pemudik yang akan melakukan arus balik ke berbagai daerah seperti Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).


Selain itu juga disiapkan swab antigen untuk para pemudik.

Kasatlantas Polresta Bandung, Kompol Erik Bangun Prakarsa mengatakan teknis penyekatan arus balik tidak jauh berbeda dengan penyekatan arus mudik lebaran.

Jadi para pemudik yang akan kembali ke wilayah Jabodetabek, wajib mengantongi surat antigen dan Surat Izin Keluar-Masuk (SIKM). Adapun untuk penyekatan arus balik difokuskan di Rest Area 149 Cileunyi.

“Bersama personil gabungan tetap melaksanakan penyekatan dan pemeriksaan kepada masyarakat yang melakukan arus balik Lebaran 2021,” ujar Erik dalam keterangan tulisnya.

Tidak hanya melakukan penyekatan kendaraan saja, pihaknya juga melakukan swab antigen terhadap pemudik secara acak. Ada sekitar seribu set tes antigen dari Ditlantas Polda Jabar.

Berdasarkan data, hingga 16 Mei 2021 sudah ada 232 pemudik yang menjalani swab antigen dan hasilnya negatif semua.

“Yang sudah dirapid, kendaraannya kami tempelkan sticker Operasi Ketupat Lodaya (OKL),” jelas Erik.

Erik memprediksi, peningkatan arus balik lebaran akan terjadi pada 17 Mei 2021.

“Sejak tanggal 15 sampai 16 Mei 2021, ada 1.795 unit kendaraan yang diperiksa, dimana 329 unit kendaraan diputarbalikkan. Pada 16 Mei, kendaraan yang keluar dengan melintasi Gate Tol Cileunyi ada sebanyak 3.318, keluar dengan melintasi Gate Tol Soreang ada 1.850. Sementara untuk situasi arus lalu lintas di Jalur Nagreg terpantau lancar kedua arah,” pungkas Erik.

(fik)

Loading...

loading...

Feeds