2 Calon Pengunjung Kebun Binatang Bandung Positif Corona

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Dua orang calon pengunjung Kebun Binatang Bandung positif Covid-19. Hal ini berdasarkan temuan tes acak antigen yang dilakukan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dan Dinas Kesehatan Kota Bandung di tempat wisata.


Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana menuturkan, tes acak antigen dilakukan di pintu tol masuk Kota Bandung dan tempat wisata. Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) menargetkan seribu orang untuk dilakukan rapid tes selama musim libur lebaran.

Untuk di Kebun Binatang Bandung, Dinkes Bandung menargetkan 400 orang untuk tes acak antigen. “Di luar yang mau masuk ada 2 orang yang positif dan kita suruh pulang. Tesnya itu di gerbang tol masuk ke Kota Bandung. Otomatis mereka tidak diizinkan masuk dan langsung diisolasi,” tuturnya di Bandung Zoo, Jalan Taman Sari, Minggu (16/5).

Yana menambahkan, H+3 lebaran tempat wisata di Kota Bandung diserbu pengunjung, salah satunya Kebun Binatang Bandung. Itu mengingat, esok hari perkantoran dan para ASN sudah kembali bekerja seperti biasa. Sehingga banyak keluarga yang memanfaatkan hari terakhir libur panjang ini untuk liburan di wilayah Bandung dan sekitarnya.

Kebun Binatang Bandung adalah salah satu tempat wisata keluarga yang jadi primadona setiap kali libur tiba. Lokasinya yang mudah diakses kendaraan umum dan terletak di pusat kota, serta menawarkan wisata edukasi dengan ragam fauna Indonesia dan mancanegara, tidak heran Bandung Zoo laris manis diburu pengunjung.

“Kelihatannya harusnya hari ini puncak libur, karena tidak ada cuti lagi dan ASN besok yang gak masuk bisa kena sanksi,” ungkapnya.

Yana menyebut, sebagai antisipasi lonjakan positif Covid-19, pihaknya terus mengantisipasi. Apalagi selepas libur panjang, tren kenaikan positif biasa terjadi.

“Kemarin itu siklusnya setelah libur panjang, hari besar hari apa. Makanya di libur lebaran ini beberapa cuti besarnya dihapus. Mudah-mudahan gak jadi libur panjang, terus hasil ratas (rapat terbatas) kemarin juga kita sepakati. Salat Id dipecah, objek udara kita betul-betul lakukan protokol kesehatan termasuk jumlah pengunjungnya itu yang kita kendalikan,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Marketing Communication Bandung Zoo Sulhan Syafi’i mengatakan, pihaknya melakukan pengaturan antrean masuk. Pengunjung diatur dan dibagi menjadi beberapa kelompok berdasarkan jumlah pengunjung yang datang.

“Kita atur per kelompok jadi supaya tidak berbaur antar kelompok, kemudian masuk secara bergilir untuk beli tiket dulu nanti dibagi dan masuk per grup biar gak terlalu numpuk dan meminimalisir kerumunan,” terangnya.

Sulhan mengungkapkan, dalam sehari pihaknya menargetkan enam ribu pengunjung yang datang ke Bandung Zoo. Hari ini ditaksir jumlah pengunjung mencapai tujuh sampai delapan ribu orang. “Targetnya di bawah kemarin ya sekarang sekitar 7000-8000an pengunjung,” imbuhnya.

Antrean pengunjung di pintu masuk terpantau mengular sejak pukul 10.00 WIB. Petugas tampak mengatur antrean agar pengunjung tetap menjaga jarak. Berdasarkan informasi yang didapat, sampai dengan pukul 12.30 WIB jumlah pengunjung sebanyak 4.427 orang.

Larangan mudik Idulfitri 1442 Hijriah periode 6-17 Mei 2021 yang diterapkan pemerintah tidak surutkan antusias wisatawan lokal untuk berkunjung ke Bandung Zoo. Terhitung di H+1 lebaran, jumlah pengunjung ada 3 ribu orang.

Memasuki H+3, Sulhan memprediksi jumlah pengunjung terus meningkat. Katanya, untuk antisipasi membludaknya pengunjung pihaknya melakukan sejumlah trik agar kapasitas 50 persen yang disepakati tetap terjaga.

“Antrean pengunjung memang terjadi tadi pagi sejak di parkiran. Sekarang sudah cair karena kita mulai mengatur pengunjung sejak di parkiran,” ucapnya.

(fid)

Loading...

loading...

Feeds

PPDB Kolektif Diklaim Mampu Kurangi Angka Putus Sekolah

PTM Terbatas Harus Fokus pada Hal Esensial

POJOKBANDUNG.com – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) meminta penyelenggaraan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas perlu berfokus pada hal …