KBB Masuk Zona Merah Covid-19 Jelang Lebaran, Ini Kata Hengky Kurniawan

POJOKBANDUNG.com, PADALARANG – Pemkab Bandung Barat berupaya menangani pandemi Covid-19 yang saat ini berada pada zona merah penyebaran virus corona.


Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan mengatakan, tugas seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Bandung Barat cukup berat pada posisi saat ini.

“Sebenarnya dilema, zoomeeting dengan pak Jokowi menginginkan ekonomi tumbuh, Pemerintah juga diminta segera melakukan belanja daerah, tapi di sisi lain kita berada di zona merah,” kata Hengky, Jumat (9/5).

Ia menambahkan, salah satu upaya yakni menutup kawasan wisata yang dianggap rawan menjadi tempat berkerumun masyarakat saat musim libur lebaran tiba. Karena itu, pihaknya menghentikan sementara aktivitas kawasan wisata.

“Untuk memutuskan sesuatu kita komunikasi dengan para pengusaha wisata dan akhirnya disepakati kita tutup tempat wisata pertanggal 7 sampai 14 Mei 2021,” katanya.

Hengky menyebut, selain melakukan pemberhentian aktivitas wisata pihaknya pun memaksimalkan upaya pencegahan pergerakan masyarakat dengan mengoptimalkan pos penyekatan mudik pada dua lokasi yakni Padalarang dan Lembang.

“Tapi sebenarnya, meski zona merah tapi kalau dilihat lebih detail, banyak desa di Bandung Barat  justru hijau. Satu desa aja di kecamatan Ngamprah yang merah dan berimbas pada status risiko semuanya,” katanya.

Ia menegaskan, kasus penyebaran Covid-19 di India yang begitu masif dalam jangka waktu singkat harus menjadi pelajaran semua pihak. Bahwa, mengabaikan protokol kesehatan Covid-19 bisa berakibat fatal.

“Keputusan pasti pro dan kontra, tapi ini untuk kebaikan bersama agar penanganan Covid-19 berjalan maksimal dan pandemi ini segera berakhir,” katanya.

Ia pun kembali mengimbau, masyarakat untuk senantiasa menerapkan protokol kesehatan Covid-19 dengan disiplin.

“Saya mengimbau masyarakat tidak nekat mudik untuk lebaran tahun ini, sayangi keluarga kita dengan tidak pulang ke kampung halaman,” pungkasnya.

(kro)

Loading...

loading...

Feeds