Pasokan Listrik Jelang Lebaran Aman dari Gangguan, PLN Survei Titik Instalasi Transmisi

ILUSTRASI: PLN UIT JBT & PLN UID Jabar melakukan koordinasi pengamanan Jaringan Listrik Siaga Idul Fitri dengan Biro Operasi Kepolisian Daerah Jawa Barat, Kamis (6/5).

ILUSTRASI: PLN UIT JBT & PLN UID Jabar melakukan koordinasi pengamanan Jaringan Listrik Siaga Idul Fitri dengan Biro Operasi Kepolisian Daerah Jawa Barat, Kamis (6/5).

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG –  Guna memastikan keandalan pasokan listrik menjelang hari raya idul fitri, PLN UIT JBT & PLN UID Jabar melakukan koordinasi pengamanan Jaringan Listrik Siaga Idul Fitri dengan Biro Operasi Kepolisian Daerah Jawa Barat, Kamis (6/5/2021).


Survei pengamanan jaringan listrik PLN dilakukan ke sejumlah titik instalasi transmisi, diantaranya Jalur SUTT 150 KV Padalarang Baru-Cibabat-Cibabat Baru di Kecamatan Cimahi dan Jalur SUTT 150 KV Bandung Utara-Padalarang Baru di Kecamatan Cihanjuang.

Pemilihan dua jalur tersebut sebagai prioritas titik survei, dikarenakan tingginya angka gangguan akibat layang-layang berkawat yang terjadi di wilayah Bandung Raya.

Sebelumnya, guna memitigasi resiko akibat gangguan layang-layang berkawat, Tim PLN UIT JBT telah melakukan sejumlah upaya diantaranya melakukan sweeping layangan berkawat, melakukan sosialisasi bahaya layang-layang berkawat dari rumah ke rumah, serta melakukan sosialisasi melalui kegiatan bakti sosial.

“Upaya yang dilakukan Tim PLN untuk memitigasi terjadinya gangguan pada keandalan pasokan listrik, terutama menjelang Idul Fitri, dilakukan secara harian dan mingguan dengan melibatkan berbagai pihak, mulai dari line walker, tokoh masyarakat, babinsa dan bhabinkamtibmas,” ucap General Manager PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Tengah, Sumaryadi.

Sebelumnya, upaya yang sama juga telah dilakukan di Kabupaten Garut, sebagai lokasi dengan tingkat gangguan akibat layang-layang berkawat tertinggi se Jawa Barat.

“Demi menjaga pasokan listrik yang handal menjelang Hari Raya Idul Fitri, kami berharap kerja sama dari semua pihak untuk ikut menjaga keamanan instalasi jaringan listrik serta dukungan dari pemerintah daerah untuk mengeluarkan peraturan terkait pelarangan memainkan layang-layang disekitar jaringan listrik, apalagi dengan menggunakan kawat. Upaya ini semata-mata dilakukan untuk menjamin ketersediaan pasokan listrik ke pelanggan,” papar Sumaryadi.

Kata Sumaryadi, pihaknya akan terus melakukan sinergi dengan berbagai stakeholder, untuk memastikan kehandalan pasokan listrik jelang siaga Idul Fitri.

(arh)

Loading...

loading...

Feeds