Kadisparbud Jabar Duduki Kursi Pj Bupati Bandung

POJOKBANDUNG.com – Dedi Taufik Kurohman menduduki kursi Penjabat (Pj) Bupati Bandung hingga Bupati/Wakil Bupati Bandung terpilih Dadang Supriatna – Sahrul Gunawan dilantik yang rencananya dilakukan akhir April 2021.


“Pertama Penjabat Bupati Bandung sampai dilantiknya pejabat definitif pada akhir bulan April. Sehingga Dedi Taufik ini sesuai aturan eselon II, bekerja 2 hingga 3 minggu, kalau tidak ada perubahan,” ujar Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, Jumat (9/4).

Menurut Emil, sapaan Ridwan Kamil, dalam prinsip kepemimpinan tidak ada istilah pemimpin panjang atau pendek. Jadi, setiap hari harus bisa bertanggung jawab untuk mengambil keputusan.

“Bedanya, waktu menjabat dibatasi, tidak semua keputusan jadi wewenang, misal tidak ada rotasi dan mutasi, tidak boleh membatalkan izin yang sudah dilakukan, tidak boleh,” ungkap Emil.

Dedi Taufik Kurohman sendiri pernah menjabat Wali Kota Cirebon. Jadi, faktor pengalaman menjadi sebab ditunjuknya Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jabar itu menjadi Pj Bupati Bandung agar dinamika di Kabupaten Bandung menjadi dekat dengan wilayah kota dan bisa dimanajemen dengan baik.

“Karena banyak dinamika di Kabupaten Bandung, termasuk pariwisata, dan Dedi ini kan Kadisparbud sehingga bisa melakukan dua kewenangan dalam satu jabatan. Harapannya, ramadhan, mudik dan semua bisa terkendali dan wilayah pariwisata juga,” tutur Emil.

“2 minggu ini harapannya di Kabupaten Bandung urusan persiapan mudik, transisi, bupati definitif, agar bisa melakukan komunikasi secara baik,” sambungnya.

Sementara itu, Pj Bupati Bandung Dedi Taufik Kurohman mengatakan langkah pertama yang akan ia lakukan menjalin konsolidasi internal dengan perangkat daerah Pemkab Bandung.

Selaku Ketua Gugus Tugas Covid-19, ia juga akan melakukan pemantauan terhadap objek wisata dan hotel karena pandemi Covid 19 masih berlangsung.

“Kemudian pesan pak gubernur juga ada 3, pertama menjaga integritas ASN, kemudian juga membuat SDM unggul, dan sekarang ini kaitan dengan mudik lebaran, persiapan untuk itu, di tempat-tempat wisata. Tiga hal itu yang memang perlu akselerasi kemudian juga percepatan,” papar Dedi.

Meski singkat, kata Dedi, jabatan ini merupakan amanah. Jadi, yang paling penting memberikan kontribusi untuk kesejahteraan masyarakat, membantu pemikiran dan sebagainya.

“Menjadi Penjabat Bupati Bandung yang paling penting menurut saya adalah memimpin pelaksanaan pemerintahan sesuai dengan kewenangannya. Kemudian juga menjalin komunikasi terkait bupati terpilih dan wakil bupati. Kalau bisa buat legacy yang bisa mengangkat Kabupaten Bandung,” pungkas Dedi. (fik)

Loading...

loading...

Feeds