Sosialisasi War On Drugs Melalui Sepeda Santai Sasagon

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – “War On Drugs” melalui sepeda santai digelar Hotel Ibis, Minggu (4/4). Kegiatan sepeda santai “SaSaGon” atau sepeda santai gocapan ini diikuti 650 peserta, dengan pemberangkatan dari berbagai lokasi, sedangkan finish di Kawasan Terpadu Trans Studio Jl. Gatot Subroto, Bandung.


Dengan mentaati protokol kesehatan, Federalist Bandung Indonesia (FBI) dan Portal sepeda yang juga merupakan para relawan anti narkoba di Kota Bandung turut berpartisipasi dalam kegiatan Sasagon tersebut.

Sampai di lokasi finish para peserta mendapatkan pelayanan kesehatan secara cuma-cuma, berupa cek kadar oksigen dalam tubuh dan cek tensi darah oleh tim medis BNN Kota Bandung sebagai bagian dari partisipasi dalam memberikan pelayanan kesehatan dalam mencegah Covid-19.

Sebelum dilakukan cek kesehatan itu,para peserta diharuskan memfollow akun instagram BNN Kota Bandung. Harapannya, dengan pengetahuan yang didapat itu, tentu mereka memiliki ketahanan diri dari penyalahgunaan narkoba dan lebih jauhnya lagi dapat menyebarluaskan informasi itu, baik terhadap keluarga maupun tetangga terdekat.

“Dengan demikian, secara tidak langsung bahwa mereka ini telah melakukan “War On Drugs” atau perang melawan narkoba,” ujar Saras Putri Utami, Sub Koordinator bidang P2M BNN Kota Bandung.

Dalam kegiatan Sasagon itu, selain sepeda santai diramaikan pula dengan Zumba Class oleh Celebrity Fitness. Dalam kegiatan zumba tersebut Celebrity Fitness juga turut serta mengkampanyekan hidup sehat tanpa narkoba melalui jingle terbaru “War on Drugs” yang menjadi salah satu lagu pengiring para peserta Zumba Class.

Dengan arahan Zin Lina dari Celebrity Fitness, para peserta Zumba Class terlihat antusias mengikuti gerakan lagu “War on Drugs”.

Tidak hanya itu saja, BNN Kota Bandung hadir dengan program Naros Mobil Bulao (Mobil Biru Layanan Pencegahan Narkoba).
Dalam program Naros Mobil Bulao Tim BNN Kota Bandung memberikan sosialisasi mengenai upaya P4GN kepada para peserta yang mengajukan pertanyaan seputar bahaya penyalahgunaan narkoba serta upaya pencegahan, rehabilitasi dan pemberantasan narkoba.

Pada area Mobil Bulao, Federalist Bandung Indonesia (FBI) dan Portal Sepeda yang menjadi bagian dari relawan anti narkoba di Kota Bandung juga turut berpartisipasi dalam acara tersebut dengan menggelar coaching clinic service bike atau pelatihan perbaikan sepeda kepada para peserta yang hadir. Tujuannya adalah agar para peserta dapat memiliki skill perbaikan sepeda sendiri, dan diharapkan kedepannya dapat dijadikan peluang usaha baru di tengah maraknya peredaran gelap narkoba yang saat ini seringkali dijadikan masyarakat sebagai mata pencaharian.

“Dari pada cari uang dengan jual narkoba dan menghacurkan generasi bangsa, lebih baik cari uang dengan cara halal, salah satunya bisa melayani jasa servis sepeda,” ujar Dadan saat memberikan coaching clinic service bike.

Roni Martadinata, General Manager Ibis Bandung Trans Studio, mengaku sangat senang bisa turut berpartisipasi mengkampanyekan “War On Drugs” kepada masayarakat Kota Bandung khususnya yang terlibat dalam event Sasagon ini.
Menurut Roni, untuk menciptakan Bandung Bersih dari narkoba. tentu diperlukan peran serta masyarakat, termasuk juga para pelaku usaha di Kota Bandung.

Sementara itu, dalam sambutan kegiatan SaSaGon tersebut, Gilang Fajar Shadiq selaku Kasubag Umum BNN Kota Bandung , menyampaikan terimakasih kepada Ibis Bandung Trans Studio yang telah turut berpartisipasi dalam mengkampanyekan war on drugs melalui kegiatan postif yang mendukung gaya hidup sehat tanpa narkoba.

Ia menjelaskan, permasalahan narkoba ada dua, pertama, peredaran dan kedua, penyalahgunaan.

Jadi, perang melawan narkoba tidak hanya melalui proses pemberantasan terhadap peredarannya saja, akan tetapi ada hal lain juga yang tidak kalah penting, yaitu bagaimana kita berusaha melakukan pencegahan terhadap penyalahgunaannya. Jadi kegiatan semacam ini pun merupakan bagian dari War On Drugs, yaitu upaya pencegahan.

(jpc)

Loading...

loading...

Feeds