Wadahi Bakat Siswa di Bidang Olahraga, Disdik Jabar Bahas Pendirian SKO

MEMAPARKAN : Kadisdik Jabar, Dedi Supandi memaparkan pendirian SKO yang merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan akses dan mutu pendidikan. (foto: DOK.DISDIK JABAR)

MEMAPARKAN : Kadisdik Jabar, Dedi Supandi memaparkan pendirian SKO yang merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan akses dan mutu pendidikan. (foto: DOK.DISDIK JABAR)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Barat (Jabar) mendukung pendirian Sekolah Keberbakatan Olahraga (SKO) yang digagas oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). Saat ini, wacana pendirian SKO masih dalam tahap pembahasan.


Kadisdik Jabar, Dedi Supandi menjelaskan, pendirian SKO merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan akses dan mutu pendidikan. Dengan adanya SKO diharapkan mampu mewadahi bakat para siswa di bidang olahraga.

“Nantinya, di SKO siswa akan fokus dilatih bakat olahraganya,” ungkap Kadisdik dalam Rapat Pembahasan Sekolah Keberbakatan Olahraga di Kantor Disdik Jabar, Jln. Dr. Radjiman No. 6, Kota Bandung, Senin (22/3/2021).

Kadisdik meyakini, siswa Jabar memiliki potensi luar biasa untuk menjadi atlet profesional. Sehingga, sudah menjadi tugas pemerintah untuk mengoptimalkan bakat tersebut agar nantinya prestasi yang diraih mampu mengharumkan nama bangsa.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (PSMK) Disdik Jabar, Edy Purwanto mengatakan, pendirian SKO ini masih dalam tahap pembahasan. “Masih ada yang harus dikaji. Melalui rapat ini, kita ingin dengar pendapat dari para stakeholder dan pemangku kebijakan yang bersinggungan dengan pendirian SKO ini,” tuturnya.

Ia menjelaskan, salah satu unsur yang menjadi perhatian adalah penyiapan sumber daya manusia (SDM) dan kurikulumnya. “SDM-nya harus kita siapkan dan kurikulumnya juga khusus. Itu harus jadi perhatian juga,” imbuhnya.

Sedangkan perwakilan KONI Jabar, Agus Jumaedi mengatakan, hal lain yang harus diperhatikan adalah pemilihan bidang olahraga yang nantinya akan dibina. Apakah olahraga populer atau nonpuler, namun berpotensi meraih prestasi.  Berdasarkan kebijakan Kemdikbud, nantinya SKO akan didirikan di Kabupaten Kuningan.

Selain perwakilan KONI, rapat tersebut juga dihadiri Kepala Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah X, Ester Miori Dewayani, perwakilan Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jabar serta perwakilan Dinas Pendidikan Kabupaten Kuningan.

(man/mun)

Loading...

loading...

Feeds