Tanam Pohon Jaga Sumber Mata Air

ilustrasi

ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, SOREANG – Agar bisa menjaga kelestarian sumber mata air yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan air minum kepada masyarakat, PERUMDA Air Minum Tirta Raharja telah melakukan penanaman ribuan pohon.


Direktur Utama (Dirut) Perumda Air Minum Tirtaraharja, Rudi Kusmayadi memastikan bahwa pihak perusahaan tidak pernah abai dalam menjaga lingkungan. Sejak tahun 2018 telah dilakukan penanaman sekitar dua ribu pohon oleh perusahaan milik daerah tersebut, yang dikerjasamakan dengan dinas/instansi terkait, muspika, aparat/masyarakat desa, para pemangku kepentingan dan penggiat lingkungan, serta masyarakat sekitar.

“Hal itu diharapkan dapat menjadi trigger untuk program-program pelestarian lingkungan selanjutnya,” ujar Rudi saat dihubungi via telepon, Selasa (23/3/2021).

Pihaknya mengaku akan senantiasa untuk tetap konsisten melakukan penanaman pohon pada lahan di sekitar sumber air. Selain itu, pihaknya juga selalu terbuka untuk bekerja sama dengan para pemangku kepentingan dan penggiat lingkungan yang memiliki program pelestarian lingkungan.

“Kami dapat mendukung program dengan menyediakan bibit tanaman dan atau melaksanakan penanaman pohon pada lahan konservasi sebagai bentuk kerja sama, guna lestarinya alam dan lingkungan,” tutur Rudi.

Rudi tak menampik bahwa karena beberapa faktor membuat beberapa pohon yang ditanam tidak dapat tumbuh dengan baik.  Sumber mata air Citere di Pangalengan adalah salah satu sumber mata air yang diolah dan didistribusikan, untuk melayani kurang lebih 4.000 (empat ribu) Sambungan Rumah di wilayah Pangalengan dan sekitarnya.

“Saya sudah berkoordinasi dengan bagian tekhnis terkait sumber mata air tersebut. Jadi, sumber mata air itu berada di kawasan PTPN VIII, pihak kami hanya memanfaatkan sumber mata air itu saja,” jelas Rudi.

Pihaknya menyadari bahwa menjaga kelestarian lingkungan, khususnya lahan konservasi sebagai area penangkapan dan penampungan air merupakan salah satu program prioritas untuk menjaga keberlangsungan pemenuhan air minum kepada masyarakat.

(fik/b)

Loading...

loading...

Feeds

Maksimalkan Potensi UMKM dengan Evermos

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Koperasi dan UMKM menjalin kerja sama dengan e-commerce untuk meningkatkan penjualan para …

Telkomsel Gelar Dunia Games League 2021

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Telkomsel terus bergerak maju menegaskan komitmennya sebagai enabler dalam ekosistem esports Tanah Air melalui penyelenggaraan Dunia Games …