Bentuk Satgasus Hingga Tingkat RT

PEMAPARAN:Sosialisasi Program Bersinar BNN Sumedang di Desa Kutamandiri, Kecamatan Tanjungsari, Rabu, (24/3/2021) (foto: TOHA/RADAR SUMEDANG)

PEMAPARAN:Sosialisasi Program Bersinar BNN Sumedang di Desa Kutamandiri, Kecamatan Tanjungsari, Rabu, (24/3/2021) (foto: TOHA/RADAR SUMEDANG)

POJOKBANDUNG.com, TANJUNGSARI – Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Sumedang gelar launching program Desa Bersinar (Bersih dari Narkoba) di Desa Kutamandiri, Kecamatan Tanjungsari. Rabu, (24/3/2021).


Kepala BNN Kabupaten Sumedang, AKBP Heri Sudrajat mengatakan program tersebut merupakan salah satu upaya dalam menekan peredaran Narkoba di kalangan masyarakat khususnya bagi warga desa.

“Pogram Desa Bersinar merupakan program nasional, sehingga penerapan nantinya tidak hanya di Kabupaten Sumedang,” ucapnya.

Heri menambahkan, program Desa Bersinar pada tahun 2021 Dikabupaten sumedang mengaokasikan 10 desa kelurahan yang akan dibentuk Desa Bersinar sesuai dengan anggaran yang dimiliki.

“Kita sudah koordinasi dengan bupati, khususnya di Dinas PMD insya Allah akan memberikan kewenangan kepada camat luruh dan Kades untuk mengalokasikan anggaran di desanya masing-masing,” ujarnya.

Sementara dalam pelaksanaan Desa Bersinar, ucap Heri akan dilakukan sosialisasi pembentukan Satgas (satuan tugas) di tingkat RT, RW dan desa. Kemudian melalui program Desa Bersinar, BNN akan melakukan rehabilitasi bagi para korban atau pengguna Narkoba deng membentuk IBM (Intervensi Berbasis Masayarakat).

“Kegiatan nasional juga karena BNN tidak hanya menangkap tapi merehabilitasi warga” imbuhnya.

Selain kegiatan rehabilitasi dalam program Desa Bersinar, Heri menuturkan bahwa melalui program tersebut tetap dilakukan pemberantasan Narkoba.

“Jelas kegiatan pemberantasan. Sebelum mengungkap lebih baik mensosialisasikan dulu. Melakukan monitoring, pengawasan,” ucapnya.

Sementara supaya program tersebut dapat berjalan dengan baik, ia menjelaskan bahwa semua unsur masyarakat akan diikut sertakan pada program Desa Bersinar.

“Bukan hanya remaja dan pemuda tapi seluruh elemen masyarakat untuk memerangi Narkoba,” pungkasnya.

Kepala Desa Kutamandiri, Caca Suryana  mengatakan pihaknya menyambut baik program  Desa Bersinar.

“Mudah-mudahan Kutamandiri bersih dari Narkoba. Kami mengajak kepada masyarakat untuk bersama-sama memerangi Narkoba,” kata Caca saat diwawancara di Aula Desa Kutamandiri.

(tha)

Loading...

loading...

Feeds