Kab. Subang Terpilih Terapkan Program YESS

MENINJAU : Kang Jimat bersama kementerian Pertanian RI saat meninjau lokasi lahan pertanian hasil pembukaan lahan (landclearing) untuk program Ketahanan Pangan, di Serangpanjang, Subang, Sabtu (20/3/2021) (foto: M.ANWAR/RADAR BANDUNG)

MENINJAU : Kang Jimat bersama kementerian Pertanian RI saat meninjau lokasi lahan pertanian hasil pembukaan lahan (landclearing) untuk program Ketahanan Pangan, di Serangpanjang, Subang, Sabtu (20/3/2021) (foto: M.ANWAR/RADAR BANDUNG)

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Kabupaten Subang dipilih menjadi salah satu lokasi penerapan program pengembangan kewirausahaan dan ketenagakerjaan pemuda di sektor pertanian atau YESS programe (Youth Entrepreuneurship and Employment Support Services Programme.)


Perwakilan Kementerian Pertanian RI sekaligus penanggung jawab program YESS Jawa Barat, Siswoyo, megatakan bahwa program YESS ini merupakan program Kementerian Pertanian dibidang pengembangan kewirausahaan muda di sektor pertanian yang pertama kali di dunia.

Program YESS ini didanai oleh IFAD (International Fund for Agricultural Development ). “Adapun tujan dari program ini, untuk menghasilkan wirausaha muda perdesaan dan tenaga kerja kompeten di bidang pertanian dan peningkatan pendapatan pemuda melalui kewirausahaan dan pekerjaan di sektor pertanian, ” jelas Siswoyo saat meninjau lokasi lahan pertanian untuk program ketahanan pangan di wilayah Seranpanjang, Kabupaten Subang, Sabtu (20/3/2021).

Program YESS ini akan dilaksanakan di 15 kabupaten di 4 Provinsi. Di provinsi jawa barat dilaksanakan di kabupaten Sukabumi, Cianjur, Tasikmalaya dan kabupaten Subang Subang dengan periode pelaksanaan 2019-2025. “Di kabupaten pelaksanaannya intensif mulai tahun ini, 2021,” ujarnya.

Menurut Siswoyo saat ini calon petani muda yang telah terdaftar di kabupaten Subang sebanyak 6000 orang dan akan terus bertambah. Pihaknya pun berharap dukungan bupati beserta jajaran salah satunya terkait fasilitas kesekretariatan dan pelatihan. Hal ini guna mendukung penerapan program YESS di Subang.

“Dengan begitu, harapannya program ini bisa optimal dan sosialisasi akan kami lakukan hingga ke tingkat sekolah bahkan melibatkan guru,” terangnya.

Bupati Subang mengapresiasi atas terpilihnya kabupaten Subang dan pihaknya akan mendukung program ini sesuai kapasitas dan posisi pemerintah daerah serta sebagai pemegang kebijakan di Kabupaten Subang.

Potensi pertanian yang dimiliki Subang diantaranya, seluas 6.000 hektar dapat diberdayakan untuk sektor pertanian.

“Gayung bersambut atas program ini, kami terima dengan tangan terbuka. Subang YESS, Jawara petani,” ucap Kang Jimat sapaan akrab Bupati Subang.

(anr/b)

Loading...

loading...

Feeds