Hengki Ajak Masyarakat Lestarikan Kebudayaan

KESENIAN : Sejumlah murid dari Sanggar Tari Mutiara berlatih seni tari Jaipongan di Pendopo DPRD, Kota Cimahi, beberapa waktu lalu. (foto : TAOFIK ACHMAD HIDAYAT/RADAR BANDUNG)

KESENIAN : Sejumlah murid dari Sanggar Tari Mutiara berlatih seni tari Jaipongan di Pendopo DPRD, Kota Cimahi, beberapa waktu lalu. (foto : TAOFIK ACHMAD HIDAYAT/RADAR BANDUNG)

POJOKBANDUNG.com, PADALARANG Wakil Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan bakal menggelar Pasanggiri Jaipong dan Pencak Silat dalam waktu dekat secara virtual.


Ia menjelaskan, kegiatan tersebut sebagai upaya untuk tetap melestarikan kebudayaan di tengah terbatasnya pagelaran akibat pandemi Covid-19. Terlebih protokol kesehatan selama ini tidak memperkenankan pertunjukan yang mengundang kerumunan.

“Para seniman menjadi salahsatu yang sangat terdampak pandemi Covid-19. Oleh karena itu, pasanggiri ini merupakan upaya untuk memberikan berekspresi bagi seniman maupun budayawan,” jelas Hengky, Minggu (21/3/2021).

Hengky menambahkan, melestarikan budaya menjadi bagian penting dalam kehidupan masyarakat. Hal tersebut sebagai upaya nyata menjaga budaya warisan leluhur bangsa agar tetap ada.

“Indonesia merupakan negara yang paling banyak budayanya, tak terkecuali di Kabupaten Bandung Barat,” katanya.

Ia menyebut, animo masyarakat terutama kaum millenial di wilayahnya yang masih mau belajar dan melestarikan budaya terbilang cukup antusias dan banyak.

“Hal itu dibuktikan dengan banyaknya paguron pencak silat maupun sanggar jaipong yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Bandung Barat. Oleh karena itu, saya terdorong menggelar even ini,” tuturnya.

Hengky berpesan, kepada seluruh masyarakat untuk senantiasa melestarikan budaya di tengah maraknya budaya luar yang masuk ke Indonesia dengan berbagai cara.

“Kalau bukan kita siapa lagi, kalau bukan sekarang kapan lagi,” ungkapnya.

(kro/b)

Loading...

loading...

Feeds

Maksimalkan Potensi UMKM dengan Evermos

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Koperasi dan UMKM menjalin kerja sama dengan e-commerce untuk meningkatkan penjualan para …

Telkomsel Gelar Dunia Games League 2021

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Telkomsel terus bergerak maju menegaskan komitmennya sebagai enabler dalam ekosistem esports Tanah Air melalui penyelenggaraan Dunia Games …