Jafest 2021, Wujud Kolaborasi Upaya Perbaikan Ekonomi

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Teten Masduki membuka gelaran Jabar Culture and Tourism Festival (Jafest) 2021. Acara hasil kolaborasi sejumlah ikatan alumni universitas di Jawa Barat ini diharapkan bisa berkontribusi dalam pemulihan ekonomi di tengah pandemi.


Acara pembukaan dihelat di Gedung Sate, Minggu (21/3/2021). Jafest sendiri diselenggarakan di berbagai wilayah, seperti di Kota Bandung, Bogor Garut Cirebon, Kota Depok dengan konsep daring dan luring dengan rangkaian acara selama sebulan.

Penggagas Jafest 2021 adalah IKA Unpad, IA ITB, Iluni UI, dan HA IPB. Menurut Teten, kolaborasi seperti ini merupakan hal baik. Apalagi, dalam rangkaian acara ada pelibatan ribuan pelaku UMKM.

“Jafest 2021 ini implementasi pengembangan pariwisata dan UMKM. Negara Eropa yang terkena krisis bisa memulihkan ekonominya dimulai pariwisatanya. Maka program ekonomi nasional kita lanjutkan kembali, di antaranya melalui transformasi ke platform digital,” kata Teten.

Di bidang pariwisata pun, katanya, Jabar memiliki andalan objek pariwisata, dari mulai Geopark Ciletuh di Sukabumi, Pameungpeuk di Garut, sampai Pantai Pangandaran. Kemudian pusat wisata di Bandung, Bodebek, dan Cirebon Raya.

Sementara itu, Ketua IKA Unpad, Irawati Hermawan, mengatakan selain lokus di lima kota dan kabupaten di Jabar, UMKM Jabar bisa berpartisipasi juga dalam platform digital Jafest 2021, yakni aplikasi dan kanal milik IKA Unpad, IA ITB, Iluni UI, dan HA IPB.

“Akan ada 2.000 UMKM yang bergabung,” katanya.

Irawati mengatakan pihaknya pun mengapresiasi kerja sama dengan Dekranasda Jabar dan Dekranasda di 27 kabupaten dan kota di Jabar. Dengan demikian, akan lebih banyak kolaborasi yang terbentuk dalam rangka memajukan perekonomian UMKM.

Peluncuran Parekraf & UMKM Expo ini pun akan berlangsung hingga 21 April 2021. Sementara penutupan akan dilakukan di Balai Kota Bandung pada 22 April 2021. Dalam Jafest Parekraf dan UMKM Expo, akan ditampilkan lebih dari 2.000 pelaku usaha dalam digital platform milik IKA Unpad, IA ITB, Iluni UI dan HA IPB.

Acara Grand Opening ditutup dengan launching pemutaran video Perepet Jengkol yang menandai peuncuran Ulinpiadeuh, serta launching kartu alumni Tematik Jabar Culture & Tourism Festival 2021.

Rangkaian Jafest selanjutnya akan digelar secara daring (online) pada 22, 23, dan 24 Maret 2021 di Kota Bandung dan Kabupaten Garut. Satu hal yang juga menarik adalah, gelaran diskusi peradaban yang akan dilakukan di kereta wisata Jakarta-Cirebon pada 27 Maret 2021, dan dilanjutkan dengan Festival Budaya dan Kuliner Betawi pada Minggu, 28 Maret 2021 di Balaikota, Kota Depok.

Dalam JaFest 2021, juga akan ada pemecahan World Record sebagai permainan yang diselenggarakan secara virtual on digital platform terbesar di dunia yang bekerja sama dengan aplikasi TikTok melalui kegiatan Ulinpiade.

(dbs)

Loading...

loading...

Feeds