Pencairan Anggaran Pemerintah Desa Terhambat

AUDIENSI : Sejumlah kepala desa tengah melakukan audiensi dengan anggota dewan di Kantor DPRD Kabupaten Bandung, Soreang, Kamis (18/3/2021). (foto: Fikriya Zulfah/Radar Bandung)

AUDIENSI : Sejumlah kepala desa tengah melakukan audiensi dengan anggota dewan di Kantor DPRD Kabupaten Bandung, Soreang, Kamis (18/3/2021). (foto: Fikriya Zulfah/Radar Bandung)

POJOKBANDUNG.com, SOREANG – Sejumlah kepala desa di Kabupaten Bandung menggelar audiensi dengan komisi A DPRD Kabupaten Bandung untuk menyampaikan keluhan terkait anggaran yang tak kunjung terealisasi.


Kades Rahayu Kecamatan Margaasih, Dadang Sujana mengatakan bahwa akibat tidak adanya pejabat berwenang yang bisa menandatangani dokumen membuat pencairan anggaran untuk pemerintah desa jadi terhambat.

Selain itu, ada banyak kegiatan-kegiatan yang terabaikan padahal sebelumnya sudah diprogramkan oleh pemerintah desa. Salah satu contohnya adalah Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak.

“Rencana awal pilkades serentak dilaksanakan Juni yaitu sesuai dengan tahapan yang dibuat dan dimusyawarahkan oleh dinas bersama OPD terkait. Ini sudah Maret, jadi kita tinggal punya waktu dua bulan, maka sudah tidak mungkin bisa terlaksana Juni,” tutur Dadang.

Sementara itu, wakil ketua DPRD Kabupaten Bandung, Yayat Hidayat mengungkapkan bahwa para kades yang hadir menginginkan support dari anggota dewan, kaitan dengan masih belum ada pencairan anggaran untuk pemerintah desa, salah satunya Dana Desa.

Padahal, para kepala desa sudah melaksanakan sesuai dengan apa yang menjadi perintah dari DPMPD, seperti menyerahkan surat persyaratan. “Pencairan akan segera cair namun kenyataannya ini belum cair,” ungkap Yayat.

Menurut Yayat, masalah-masalah tersebut dikarenakan masih belum adanya pejabat definitif sehingga belum ada yang bertanggungjawab. Begitu pun dengan pelaksanaan Pilkades dimana proses dan mekanismenya harus ditempuh dengan melalui perbup.

“Nah ini belum ada yang menandatanganinya sehingga kami dari DPRD akan mendorong, proses atau penyampaian aspirasi ini dengan melayangkan surat kepada gubernur, yang insyaallah akan kami layangkan paling lambat hari Senin,” pungkas Yayat.

(fik/b)

Loading...

loading...

Feeds

Maksimalkan Potensi UMKM dengan Evermos

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Koperasi dan UMKM menjalin kerja sama dengan e-commerce untuk meningkatkan penjualan para …

Telkomsel Gelar Dunia Games League 2021

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Telkomsel terus bergerak maju menegaskan komitmennya sebagai enabler dalam ekosistem esports Tanah Air melalui penyelenggaraan Dunia Games …