Grab Vaccine Center di Bandung Vaksinasi 5.000 Orang

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama President of Grab Indonesia Ridzki Karamadibrata saat meninjau penyuntikan vaksin COVID-19 bagi pengemudi ojek daring saat vaksinasi secara

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama President of Grab Indonesia Ridzki Karamadibrata saat meninjau penyuntikan vaksin COVID-19 bagi pengemudi ojek daring saat vaksinasi secara "drive thru" di Sport Center Arcamanik, Bandung, Kamis (18/3). FOTO: TAOFIK ACHMAD HIDAYAT/RADAR BANDUNG

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Setelah sukses menjalankan pusat vaksin Covid-19 dengan pendekatan teknologi di Bali dan pusat vaksin dengan pendekatan 3-in-1 pertama di Indonesia yang mencakup layanan Drive-Thru untuk mobil dan motor serta layanan Walk-In di Provinsi Banten, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia kembali berkolaborasi dengan Grab dan Good Doctor untuk menghadirkan pusat vaksin dengan pendekatan 3-in-1 untuk memvaksinasi 5.000 orang lansia dan pekerja sektor publik transportasi, pariwisata, dan media di Provinsi Jawa Barat.


Grab Vaccine Center di Jawa Barat beroperasi pada 16 sampai 18 Maret 2021 di SPORT Jabar Arcamanik untuk gelombang pertama dan pada 12 sampai 15 April 2021 untuk gelombang kedua vaksinasi.

Pusat vaksin ini menggunakan pendekatan yang mengedepankan teknologi untuk memberikan pengalaman yang lebih nyaman bagi penerima vaksin mulai dari proses pra-registrasi, jadwal vaksinasi, pra-skrining serta penerapan pendaftaran melalui QR Code melalui layanan GrabHealth yang didukung oleh infrastruktur digital Good Doctor yang bekerja sama dengan pemerintah untuk pelaksanaan vaksinasi yang lebih efisien.

Grab didukung oleh Danone Indonesia dengan salah satu merek air mineralnya, AQUA, menjadi official hydration drops partner yang menyediakan kebutuhan air minum berkualitas pada saat program vaksinasi ini berlangsung.

Vaksin disediakan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan akan tersedia untuk kategori lansia dan pekerja di sektor transportasi, pariwisata, dan media yang memenuhi syarat dalam program vaksinasi nasional tahap 2.

Penerima vaksin gelombang pertama dipilih berdasarkan rekomendasi dari Dinas Pariwisata Provinsi Jawa Barat, Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat, dan Dinas Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Provinsi Jawa Barat.

Para lansia di Provinsi Jawa Barat yang ingin mendapatkan vaksin di Grab Vaccine Center, harus mengisi formulir online yang tersedia di layanan GrabHealth yang didukung oleh Good Doctor untuk dapat terdaftar sebagai calon penerima vaksin.

Informasi jadwal vaksinasi akan tersedia setelah pendaftaran dikonfirmasi. Sementara bagi pelaku pariwisata, media, dan pekerja transportasi umum yang terpilih akan mendapatkan pesan teks, dan mereka harus menunjukkan pesan undangan tersebut untuk dapat memasuki pusat vaksinasi.

Mitra pengemudi Grab diinformasikan melalui pesan singkat dan juga pesan di aplikasi mitra pengemudi Grab. Mereka wajib menunjukkan undangan sebelum dapat divaksinasi.

Pengelolaan pusat vaksin oleh Grab dan Good Doctor difokuskan pada keunggulan operasional dan pengendalian lalu lintas pelaksanaan vaksinasi. Metode Drive-Thru di Grab Vaccine Center bertujuan untuk melengkapi metode vaksinasi secara Walk-In yang umum dilakukan.

Penerima vaksin yang memasuki area Drive-Thru Grab Vaccine Center akan melalui proses skrining terlebih dahulu untuk memastikan bahwa mereka memenuhi kriteria sebagai penerima vaksin. Peserta yang telah lolos tahap skrining akan diarahkan ke salah satu jalur yang terbuka untuk pendaftaran, lalu akan divaksinasi dan observasi oleh dokter dan perawat dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat. Sebelum meninggalkan lokasi, penerima vaksin akan mendapatkan sertifikat vaksin yang dikeluarkan oleh BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial).

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengajak swasta untuk turut menyukseskan program vaksinasi COVID-19. Keterlibatan swasta dapat mempercepat pemulihan ekonomi.

“Dengan percepatan Program Vaksinasi Nasional dan tercapainya kekebalan kelompok, ekonomi juga akan segera pulih. Namun untuk mencapai hal ini, semua pihak harus bergandengan tangan. Baik itu pemerintah maupun sektor swasta untuk saling bahu membahu membela negara, berperang melawan COVID-19,” ujarnya.

Emil, sapaan akrabnya berharap apa yang telah dilakukan Grab dan Good Doctor melalui Grab Vaccine Center ini dapat menjadi contoh inspiratif bagi berbagai pihak dengan berbagai inovasi yang dihadirkan di pusat vaksin Grab.

Dirinya pun mengapresiasi dan terinspirasi dengan metode vaksinasi yang dilakukan di Grab Vaccine Center, yang menggabungkan layanan Drive-Thru dan Walk-In dengan sejumlah inovasi yang dihadirkan mulai dari tahap pre-skrining melalui telemedicine, hingga penyediaan layanan khusus untuk lansia yang menjadikan proses vaksinasi lebih efisien.

“Saya sampaikan selamat kepada Grab Vaccine Center yang berhasil mencapai target untuk memvaksinasi lebih dari 5,000 penduduk Jawa Barat dalam tiga hari pelaksanaannya,” paparnya.

Sementara itu dalam rangka memperingati Hari Perawat Nasional pada 17 Maret, Grab mempersembahkan program “Grab Untuk Kamu” di Jawa Barat, Semarang, Yogyakarta, Medan, Palembang, dan Pekanbaru yang didedikasikan khusus untuk mengapresiasi dan mendukung para garda terdepan yang memerangi COVID-19, termasuk para perawat, dokter, dan tenaga kesehatan lainnya.

Grab bekerja sama dengan Enesis untuk menyediakan ribuan perlengkapan kesehatan yang akan diberikan kepada para perawat di 18 rumah sakit di wilayah Jawa Barat.

Selain itu, Grab juga bekerja sama dengan PT Kalbe Farma membagikan 10,000 kapsul Fatigon Promuno dan ratusan lembar masker kepada para anggota Satgas COVID-19 di bawah naungan Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Bandung.

Tidak hanya itu, Grab juga memberikan mouth-shield kepada ribuan mitra merchant GrabFood untuk menjaga kebersihan di tiap outlet mereka.

Ridzki Kramadibrata, President of Grab Indonesia mengatakan pandemi ini membuat para perawat dan tenaga medis lainnya muncul sebagai garda terdepan dan pahlawan bagi kita semua, tetapi mereka juga merupakan bagian dari masyarakat yang memiliki keluarga yang harus dilindungi.

Para dokter, perawat, dan tenaga medis lainnya, yang selalu berada di garis depan untuk melawan COVID-19 patut kita apresiasi dan hargai atas upaya mereka menyelamatkan nyawa masyarakat di tengah risiko kesehatan yang juga mengancam mereka.

“Kami tidak dapat menjalankan Grab Vaccine Center di Indonesia tanpa dukungan mereka dan dalam rangka peringatan Hari Perawat Nasional, kami ingin berterima kasih kepada para perawat di tanah air atas dedikasi mereka lewat inisiatif ‘Grab untuk Kamu’. Mari kita dukung rekan-rekan kita yang berada di garda terdepan menyukseskan Program Vaksinasi Nasional, bersama-sama kita pasti dapat melalui pandemi ini,” kata Ridzki.

(pra)

Loading...

loading...

Feeds

Telkomsel Gelar Dunia Games League 2021

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Telkomsel terus bergerak maju menegaskan komitmennya sebagai enabler dalam ekosistem esports Tanah Air melalui penyelenggaraan Dunia Games …