Angka Pengangguran di Kabupaten Bandung Naik

ILUSTRASI : Angka pengangguran di Kabupaten Bandung mengalami kenaikan. Pemerintah Kabupaten Bandung mengatasinya dengan mengadakan job fair. (dok. Jawa Pos)

ILUSTRASI : Angka pengangguran di Kabupaten Bandung mengalami kenaikan. Pemerintah Kabupaten Bandung mengatasinya dengan mengadakan job fair. (dok. Jawa Pos)

POJOKBANDUNG.com, SOREANG – Angka pengangguran di Kabupaten Bandung mengalami  peningkatan sebesar tiga persen. Guna mencegah ledakan pengangguran, Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Bandung membuka job fair dengan menggunakan sistem online.


Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Bandung, Uu Rukmana mengatakan bahwa pada awalnya angka pengangguran di Kabupaten Bandung itu sebesar lima persen. Namun selama pandemi Covid 19, angka pengangguran naik menjadi  delapan persen.

“Ada kenaikan (pengangguran) tiga persen. Tapi, dinas ini punya aturan terkait dengan penempatan tenaga kerja, informasi tenaga kerja, itu menjadi ranah kita. Kita rangkul juga forum HRD, untuk mencari perusahaan yang membutuhkan (tenaga kerja). Kita padukan menjadi job fair online di 2021,” sambung Rukmana.

Program job fair itu dilakukan selama dua hari. Sementara itu, para pencari kerja yang ingin mengikuti job fair tersebut bisa mengunjungi web getredy.id. Dalam web tersebut, kata Rukmana, terdapat 988 lowongan pekerjaan, 92 jenis pekerjaan dan 27 perusahaan. Selain job fair, nantinya juga akan ada kegiatan pelatihan.

Ia mendorong perusahaan bisa memfasilitasi pembelian dengan cara online. Jadi perusahaan harus bisa inovatif dan bisa mengikuti perkembangan jaman, jangan hanya mengandalkan penjualan konvensional.

“Ada perusahaan yang beralih produksi membuat APD, tapi sekarang sudah kembali lagi ke produksi awal,” jelas Rukmana.

Hingga saat ini, jumlah orang yang telah mengunjungi situs job fair tersebut mencapai 14 ribu. Jumlah tersebut diperkirakan akan bertambah mengingat pelaksanaan job fair online ini dilakukan selama dua hari.

(fik//b)

Loading...

loading...

Feeds

Momen RAFI 2021, Telkomsel Siaga Maksimalkan Jaringan

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA- Telkomsel siap memastikan ketersediaan kualitas jaringan dan layanan yang prima demi menghadirkan pengalaman digital untuk #BukaPintuKebaikan bagi masyarakat …

PDRI Siap Kawal Distribusi KIP Kuliah Merdeka

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Persaudaraan Dosen Republik Indonesia (PDRI) akan memantau dan mengawal distribusi penyaluran Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah Merdeka …