Bahas Rencana Otonomi Khusus Papua

ilustrasi

ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, JATINANGOR – Rangkaian acara dies natalis ke-65 yang jatuh pada hari Rabu, tanggal 17 Maret 2021 mendatang. Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)  menggelar acara seminar nasional dengan tema ‘Optimalisasi Penyelenggaraan Otonomi Khusus Papua dan Papua Barat dalam Rangka Akselerasi Pembangunan dan Peningkatan Kesejahteraan Rakyat’. Senin (15/03/2021).


Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia Dr. Ir. Muhammad Hudori, M.Si mewakili Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia bertindak sebagai keynote speaker membuka acara seminar nasional ini.

Rektor IPDN Dr. Hadi Prabowo mengatakan seminar nasional ini dilaksanakan secara luring dan daring melalui aplikasi zoom meeting dan juga dapat disaksikan secara streaming melalui youtube Humas IPDN.

Menurut Hadi, fokus seminar nasional ini mengidentifikasi permasalahan-permasalahan dalam penyelenggaraan otonomi khusus Papua dan Papua Barat.

“Caranya dengan melakukan analisis kritis terhadap permasalahan-permasalahan strategis dalam implementasi kebijakan penyelenggaraan otonomi khusus Papua dan Papua Barat dalam akselerasi Pembangunan dan kesejahteraan rakyat,” ucap Rektor.

Selain itu, kata ia, diharapkan dapat menghasilkan rekomendasi kebijakan sebagai masukan bagi perumusan rancangan Undang-Undang Otonomi Khusus Papua yang berorientasi pada optimalisasi penyelenggaraan otonomi khusus Papua dan Papua Barat.

Adapun jumlah peserta seminar nasional ini mencapai 10.492 orang, pada pelaksanaan seminar nasional ini mendapatkan apresiasi dari MURI dengan diberikannya piagam penghargaan kepada IPDN atas peserta terbanyak dalam pelaksananaan webinar tentang optimalisasi otonomi khusus Provinsi Papua dan Papua Barat.

“Meskipun situasi dan kondisi negeri yang masih belum stabil karena pandemi Covid-19, tapi kami yakin ini tidak menjadi alasan untuk terus berprestasi dan memberikan yang terbaik untuk bangsa dan negara Indonesia,” tambahnya.

Pada pucak acara tanggal 17 Maret 2021, IPDN akan melaksanakan dies natalis ke-65 dengan tema “Meningkatkan Kualitas Pendidikan Melalui Inovasi untuk Mewujudkan Daya Saing di Tengah Pandemi Covid-19”.

Seluruh rangkaian acara dies natalis IPDNdiselenggarakan secara internal, terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan covid-19 yang sangat ketat.

(tha)

Loading...

loading...

Feeds