PMKS Harus Dapatkan Pelatihan Kerja

PMKS : Seorang penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) beristirahat di trotoar. (foto: TAOFIK ACHMAD HIDAYAT/RADAR BANDUNG)

PMKS : Seorang penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) beristirahat di trotoar. (foto: TAOFIK ACHMAD HIDAYAT/RADAR BANDUNG)

POJOKBANDUNG.com, SOREANG – Pemerintah diminta untuk memberikan pelatihan kerja bagi para Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS). Ini menjadi solusi pembenahan bagi mereka mendapatkan keahlian yang berdampak pada perekonomian mereka.


Anggota Komisi D DPRD Kabupaten Bandung, Yayat Sumirat menyebut langkah awal adalah melakukan pendataan. Dinas Sosial dan Satpol PP harus bisa melakukannya dengan baik. Pasalnya, ia meyakini banyak PMKS datang dari luar daerah.

“kalau berasal dari luar Kabupaten Bandung, kami mohon kepala dinas terkait untuk berkirim surat ke pemerintah yang menjadi asal dari PMKS ini. Agar jangan sampai timbul opini bahwa kondisi ini ada pembiaran dari dinas, tentunya kami sangat konsen dan care terhadap masalah ini,” tutur Yayat.

Setelah itu, anggaran khusus di Dinas Sosial dimanfaatkan untuk memberikan pelatihan kepada PMKS tersebut.

“Jika ada PMKS yang berKTP Kabupaten Bandung harus diberikan edukasi dan arahkan kepada hal-hal yang bersifat produktif, seperti pelatihan,” paparnya.

Ia pun meyoroti PMKS yang berkostum badut. Lalu ada pula anak jalanan juga yang perlu dibina. Jika anak jalanan tersebut merupakan korban putus sekolah, maka Dinas Pendidikan harus turun tangan.

“Jadi bagi mereka yang putus sekolah mungkin kita juga akan mencari solusi, agar di dunia pendidikan itu ada anggaran untuk pendidikan informal, maka setelah lulus sekolah disalurkan. Kita nanti akan rapat koordinasi dengan Dinas Sosial, Dinas Pendidikan dan Dinas Ketenagakerjaan,” pungkas Yayat.

(fik/b)

Loading...

loading...

Feeds