DPR RI Dukung Program Kemensos

TINJAU: Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini dan Ketua Komisi VIII DPR RI, Yandri Susanto beserta jajaran saat kunjungan di Sentra Kreasi Atensi, Balai Karya Pangudi Luhur, Bekasi. (foto: IST)

TINJAU: Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini dan Ketua Komisi VIII DPR RI, Yandri Susanto beserta jajaran saat kunjungan di Sentra Kreasi Atensi, Balai Karya Pangudi Luhur, Bekasi. (foto: IST)

POJOKBANDUNG.com, BEKASI – Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini menyambut kedatangan Pimpinan dan Anggota Komisi VIII DPR RI di Sentra Kreasi Atensi, Balai Karya Pangudi Luhur, Bekasi.


Risma memperkenalkan tempat warga telantar atau marjinal diberikan rehabilitasi sosial agar bisa berkreasi dan akses untuk kehidupan yang lebih baik.

“Sentra Kreasi Atensi diwujudkan untuk menggerakkan para istri pemulung dan perempuan pemulung agar berdaya secara ekonomi,
mulai dari pelatihan memasak, hingga bisa buka usaha kuliner. Kemudian para suaminya diberikan akses bekerja di beberapa perusahaan mitra Kemensos,” jelas Risma.

Selain kuliner di Sentra Kreasi Atensi, ada juga stand produk kompos, pupuk cair, sayuran hidroponik, telur ayam dan magot serta agrowisata tanaman porang dan Anggur.

Kata Risma, balai kedepan akan menjadi multifungsi, tidak hanya menangani penyandang disabilitas, tetapi juga lansia, anak, korban Napza dan korban perdagangan orang.

Balai juga tidak hanya menjalankan layanan rehabilitasi sosial tetapi ditugaskan untuk merespon kasus bencana alam.

“Seperti kemarin saat terjadi bencana banjir di Jawa Timur, kami kirimkan tim dari Balai Besar Disabilitas Prof. Dr. Soeharso Surakarta untuk merespon dalam memberikan bantuan dan layanan dukungan psikososial bagi korban bencana,” tutur Risma.Pada kesempatan ini, Mensos juga menyerahkan bantuan kepada Balai Karya Pangudi Luhur Bekasi senilai Rp64,8 juta, Balai Disabilitas Tan Miyat Bekasi senilai Rp177,3 juta dan Balai Lansia Budhi Dharma Bekasi senilai Rp22,9 juta.

Selain itu, sebanyak 6 Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) mitra Kemensos juga diberi bantuan dengan total bantuan senilai Rp43,8 juta.

Ketua Komisi VIII DPR RI, Yandri Susanto menyebut, Kemsos berhasil mewujudkan pusat sosial ekonomi di tengah Pandemi Covid-19 bagi penerima manfaat di Balai Karya Pangudi Luhur Bekasi melalui Sentra Kreasi Atensi. Yandri menuturkan, pihaknya mendukung langkah Kemensos ini.

“Ini merupakan wujud dari Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Programnya luar biasa, dari pertanian, perikanan dan perdagangan ada. Kami akan dukung, salah satunya dari upaya Kemensos untuk melakukan refocussing anggaran dalam hal penanganan warga telantar yang akan kami bicarakan di rapat pekan depan,” ungkapnya.

Pada kunjungan pimpinan dan Anggota Komisi VIII DPR RI juga hadir Dirjen Rehabilitasi Sosial Harry Hikmat, Dirjen Penanganan Fakir Miskin Asep Sasa, Staf Khusus Menteri Sosial Bidang Komunikasi dan Media Massa Don Rozano dan jajaran pejabat lainnya.

(rls/bbs)

Loading...

loading...

Feeds

Momen RAFI 2021, Telkomsel Siaga Maksimalkan Jaringan

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA- Telkomsel siap memastikan ketersediaan kualitas jaringan dan layanan yang prima demi menghadirkan pengalaman digital untuk #BukaPintuKebaikan bagi masyarakat …

PDRI Siap Kawal Distribusi KIP Kuliah Merdeka

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Persaudaraan Dosen Republik Indonesia (PDRI) akan memantau dan mengawal distribusi penyaluran Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah Merdeka …