Dinas Lingkungan Hidup Usulkan Perda TPU

PERDA : TPU Dunguswiru di Jalan MT. Haryono, Cigadung, Kecamatan Subang, Kabupaten Subang. DLH  mengusulkan Perda tentang TPU sebagai payung hukum dalam penataan pemakaman. (foto: IST)

PERDA : TPU Dunguswiru di Jalan MT. Haryono, Cigadung, Kecamatan Subang, Kabupaten Subang. DLH  mengusulkan Perda tentang TPU sebagai payung hukum dalam penataan pemakaman. (foto: IST)

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Pemerintah Kabupaten Subang, melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH)  mengusulkan Peraturan Daerah (Perda) tentang Tempat Pemakaman Umum (TPU) sebagai payung hukum dalam penataan pemakaman.


Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Subang Rona Mairansyah, mengatakan salah satu faktor yang mendorong sulan Perda tersebut mengingat mayoritas lahan makam kondisinya sudah kian menyempit akibat makin banyaknya kuburan.

“Bertambahnya jumlah kuburan kurang diimbangi dengan perluasan atau pengadaan lahan baru pemakaman, sehingga makam makam yang ada makin menyempit dan dikhawatirkan kedepan sulit menampung penguburan orang orang yang meninggal,” ungkap Rona saat ditemui Selasa (2/3/2021).

Rona menyebut, komplek pemakaman di pusat perkotaan Subang termasuk yang kondisi lahannya kian sempit akibat nyaris dipenuhi kubur. Karena itu, pihaknya sudah memanggil seluruh lurah di kawasan Subang Kota dan memerintahkan mereka untuk mengecek kapasitas lahan pemakaman.

“Terjadinya penyempitan lahan lahan makam ini gak hanya terjadi di pusat kota saja, tapi terjadi juga di daerah daerah plosok Subang lainnya,”ucapnya.

Didalam perda tersebut, lanjut Rona, diatur soal penataan dan batas batas makam, termasuk pengadaan lahan baru pemakaman hingga pengelolaan makam termasuk juru kunci makam, dan lainnya.

“Dengan begitu, kedepan bukan hal mustahil kalau area pemakaman ditata dan dibikin nyaman, tentunya sangat berpotensi sekali untuk menjadi ‘wisata relijius,” ungkapnya.

“Karena itu mudah-mudahan tahun ini perda pemakaman rampung, sebab Subang memang belum ada perda yang mengatur soal pemakaman,” pungkasnya.

(anr/b)

Loading...

loading...

Feeds

Cara Memperbarui Whatsapp GB

POJOKBANDUNG.com–DENGAN menggunakan whatsapp GB tentu akan mendapatkan banyak fitur yang tidak di miliki whatsapp resmi. Pengguna dapat menginstalnya melalui berbagai …