Sampah Sumbat Sungai, Aktivis Demo

DEMO : Aksi unjuk rasa pauluhan aktivis lingkungan hidup di halaman Kantor Bupati Subang, Senin (1/3/2021). (foto : M.ANWAR/RADAR BANDUNG)

DEMO : Aksi unjuk rasa pauluhan aktivis lingkungan hidup di halaman Kantor Bupati Subang, Senin (1/3/2021). (foto : M.ANWAR/RADAR BANDUNG)

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Terkait timbunan sampah yang kerap menyumbat aliran Sungai  Cigadung yang berasal dari gundukan sampah di tempat pembuangan akhir (TPA) Panembong yang berlokasi di Kelurahan Parung, puluhan aktivis Lingkungan Hidup Subang menggruduk Kantor Bupati Subang, Senin (1/3/2021).


“Kami pernah menghadap ke DLH Subang, bertemu kepala dinasnya, untuk menyampaikan terkait pencemaran dan perusakan Sungai Cigadung yang sempat megirim banjir sampah ke area pesawahan warga yang terjadi di tahun 2020 lalu, ” ujar Korlap aksi, Gigin Sujalaga kepada wartawan.

“Kini sampah yang hanyut dari TPA itu, menjadi salah satu penyebab meluapnya sungai Cigadaung dan memicu banjir di kelurahan Cigadung. Artinya, hingga saat ini pihak DLH belum ada solusi kongkrit, tekait pencemaran sampah,” tambahnya.

Dalam orasinya, mereka juga menilai keadaan pengelolaan sampah di Subang tidak optimal. Imbasnya, tidak hanya merusak lingkungan, kerugian ekonomi.

“TPA Panembong sudah over load. Sampahnya sudah masuk ke sungai, hanyut hingga ke wilayah Pantura. Dan sampah ini menjadi salah satu penyebab banjir di Pamanukan. Kondisi ini mau terus dibiarkan,”  tegasnya.

Mereka juga mendesak, Pemkab Subang seger memindahkan TPA Panembong tersebut ke daerah Jalupang, yang terletak di kecamatan Kalijati, Subang.

“Pemerintah sudah berulang kali mau buat TPA di Jalupang, tapi sampai sekarang belum ada realisasinya, apa lagi solusi kongrit,” tandas Gigin.

Dari pantauan, pukuhan massa aktivis sempat bersitegang dengan petugas kepolisaian dan Satpol PP saat puluhan massa ini menaburkan sampah tepat di pintu Masuk Kantor Bupati.

(anr/b)

Loading...

loading...

Feeds

Maksimalkan Potensi UMKM dengan Evermos

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Koperasi dan UMKM menjalin kerja sama dengan e-commerce untuk meningkatkan penjualan para …

Telkomsel Gelar Dunia Games League 2021

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Telkomsel terus bergerak maju menegaskan komitmennya sebagai enabler dalam ekosistem esports Tanah Air melalui penyelenggaraan Dunia Games …