Puluhan Warga Keracunan Usai Makan Nasi Kotak

MEMERIKSA : Petugas kesehatan saat memeriksa warga Kampung Ciheulang Tonggoh RT 01/03 Cibadak, Kabupaten Sukabumi mengalami keracunan massal dari makanan nasi boks. (foto: IST)

MEMERIKSA : Petugas kesehatan saat memeriksa warga Kampung Ciheulang Tonggoh RT 01/03 Cibadak, Kabupaten Sukabumi mengalami keracunan massal dari makanan nasi boks. (foto: IST)

POJOKBANDUNG.com, SUKABUMI – Puluhan warga di Kampung Ciheulang Tonggoh, RT (01/03) Cibadak, Kabupaten Sukabumi mengalami keracunan massal akibat memakan makanan nasi boks dari kegiatan pengajian. Dari 51 orang yang terdampak keracunan massal dari olahan makanan, sembilan diantaranya dirujuk ke RSUD Sekarwangi. Tiga ke RSUD Syamsudin SH dan Tujuh orang dirawat di Posko kesehatan sementara sebagian lagi sudah diperbolehkan pulang.


Kepala Seksi Surveilans Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sukabumi, Yayat mengungkapkan, saat warga menyantap nasi boks di acara 40 hari meninggalnya salah satu tokoh di kampung tersebut pada Sabtu 27 Februari 2021 lalu.

“Kegiatan pengajian di salah satu tokoh masyarakat disana itu dilaksanakan sekitar pukul 19:30 WIB, atau selepas isya. Kurang lebih ada 100 boks nasi yang dibagikan,” jelasnya, Senin (1/3/2021).

Nasi boks yang dibagikan, berisikan daging ayam rendang, bihun dan acar. Kemudian, dari 100 nasi boks tersebut, 80 dibagikan ke warga dan 20 ke anggota keluarga penyelanggara kegiatan.

“Puskesmas setempat telah membuka posko darurat di Desa Ciheulang Tonggoh ” ujarnya.

Petugas kesehatan telah mengambil sampel berupa rendang dari olahan makanan itu untuk selanjutnya dilakukan pemeriksaan dari olahan makanan yang dibagikan kepada warga tersebut.

“Sampel sudah kami bawa berupa rendang, selanjutnya kami akan periksa,” ujarnya.

Berdasarkan penelusuran tim surveilans, terdapat 51 orang yang mengalami gejala mual, muntah dan pusing. Hasil pemeriksaan, beberapa orang dirujuk ke rumah sakit tanggal 28 Februari.

“Sisanya observasi dirumah masing-masing warga yang mengalami keracunan massal,” singkatnya.

(upi/d)

Loading...

loading...

Feeds

Sampah Menumpuk di Pasar Gedebage

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Terjadi penumpukan sampah di Pasar Gedebage, Kota Bandung, Senin (17/5). Tumpukan sampah disebut terjadi menjelang lebaran, akibat …