Penutup Lubang Trotoar Sering Dicuri

MELINTAS : Seorang warga tengah melintasi lubang bak kontrol trotoar yang tidak memiliki penutup. (Fikriya Zulfah/Radar Bandung)

MELINTAS : Seorang warga tengah melintasi lubang bak kontrol trotoar yang tidak memiliki penutup. (Fikriya Zulfah/Radar Bandung)

POJOKBANDUNG.com, SOREANG – Fasilitas penutup lubang di trotoar (manhole) di sejumlah titik di Kabupaten Bandung kerap dicuri. Hal ini bisa membahayakan pejalan kaki saat memanfaatkan trotoar.


Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Bandung, Agus Nuria mengatakan pada tahun 2020, Dinas PUTR sudah menganggarkan untuk perbaikan,  tetapi karena anggarannya terkena refocusing jadi terpaksa ditangguhkan.

“Jadi adanya lubang di trotoar itu karena manholenya banyak yang diambil, dicuri, nah itu kan juga berdampak kepada pejalan kaki sehingga berbahaya untuk pejalan kaki,” ujar Agus di Soreang, Senin (1/3/2021).

Agus menyayangkan sikap masyarakat yang tidak ikut serta dalam menjaga dan mengamankan fasilitas-fasilitas umum milik pemerintah. Padahal fasilitas tersebut juga menyangkut kebutuhan masyarakat untuk berjalan kaki. Dikhawatirkan ada pejalan kaki yang tidak tahu tentang lubang tersebut sehingga bisa jatuh masuk ke lubang.

Sebagai antisipasi, sementara ini adalah dengan menutup lubang-lubang tersebut menggunakan kayu atau material lain. Tapi dirinya akan berupaya untuk segera melakukan perbaikan di anggaran 2021.

Dinas PUTR mempunyai sepuluh UPTD Sarana Prasarana yang fungsinya untuk pemeliharaan insfrastruktur ke-PU-an. Untuk pemeliharaan infrastruktur jalan pun sudah ada UPTD yang memang mengawasi  tiap jalan, baik jalan Kabupaten, Jalan Provinsi, maupun Jalan Nasional.

“Kabupaten bisa melaporkan tapi mereka juga sudah ada tim, sekarang kan banyak media  yang bisa menampung keluhan masyarakat, kalau kewenangan kita maka akan ditindaklanjuti,” pungkas Agus.

(fik/b)

Loading...

loading...

Feeds