Layanan Drive Thru Jadi Andalan Mempercepat Program Vaksinasi

Ilustrasi vaksinasi Covid-19 (SALMAN TOYIBI/JAWA POS)

Ilustrasi vaksinasi Covid-19 (SALMAN TOYIBI/JAWA POS)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kementerian Kesehatan menunjuk Halodoc menjadi mitra resmi satu-satunya dalam menghadirkan pusat layanan vaksinasi Covid-19 secara drive thru.


Lokasi pertama Pos Pelayanan Program Vaksinasi COVID-19 akan ada dii area parkir Hall C JIExpo Kemayoran dan dimulai pada tanggal 3 Maret 2021 hingga akhir tahun 2021.

Jonathan Sudharta, CEO & Cofounder Halodoc mengatakan, program layanan ini merupakan kolaborasi bersama dengan Kementerian Kesehatan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, serta Pusat Pengelolaan Komplek Kemayoran (PPKK), Gojek, dan RS Hermina.

Pada tahap awal pelaksanaan, fasilitas ini akan melayani kelompok masyarakat lansia yang memiliki KTP DKI Jakarta secara drive thru dan tidak dipungut biaya.

“Kami berharap ini memberikan sarana yang lebih aman dan nyaman bagi para penerima vaksinasi khususnya para lansia sebagai upaya kontribusi bagi percepatan program vaksinasi Covid-19 demi terciptanya kekebalan kelompok (herd immunity) di Indonesia,” kata Jonathan melalui siaran pers yang diterima.

Inisiatif Halodoc menghadirkan program layanan vaksinasi COVID-19 ini merupakan upaya untuk mengoptimalkan pemanfaatkan tech-health. Pasalnya, sejak pandemi terjadi di Indonesia pada awal Maret 2020, seluruh layanan Halodoc terus meningkat tajam.

Pada tahun 2020, pengunduh aplikasi Halodoc meningkat 2x. Bahkan, jumlah pengguna aktif bulanan aplikasi tersebut mencapai 18 juta. Dari sisi layanan, transaksi konsultasi dokter berbayar melonjak hingga 10x lipat, layanan toko kesehatan naik 6x dan layanan Buat Janji tumbuh 3x.

Lebih jauh Jonathan mengungkapkan, tahun 2020 menjadi tahun penuh tantangan, sehingga mendorong Halodoc untuk terus konsisten dalam berinovasi. Terdapat puluhan inovasi yang diluncurkan selama pandemi berlangsung, salah satunya adalah pelopor penyedia layanan Tes Covid-19 Drive Thru yang diluncurkan pertama kali pada April 2020.

“Hingga Februari 2021, layanan drive thru Halodoc telah memfasilitasi lebih dari 600.000 tes COVID-19 dengan swab antigen sebagai jenis tes paling diminati masyarakat kendati kemunculannya terbilang paling akhir dibanding tiga jenis tes Covid-19 lainnya (rapid antibodi, PCR, serologi),” ungkapnya.

Pengguna Perempuan Dominan

Dionisius Nathaniel, Chief Marketing Officer Halodoc memaparkan bahwa proporsi pengguna Halodoc didominasi oleh perempuan serta perbedaan perilaku antara pengguna laki-laki dan perempuan dalam memanfaatkan layanan di platform kami. Yang unik pengguna laki-laki juga memanfaatkan layanan Chat Dokter untuk berkonsultasi dengan Dokter Spesialis Anak.

Loading...

loading...

Feeds