Tim Geologi dan BPBD Identifikasi Lahan Longsor

IDENTIFIKASI : Tim BPBD saat mengidentifikasi lokasi longsoran di Desa Mekarwangi, Rabu (24/2/2021) (foto : DEDEN KUSDINAR/RADAR BANDUNG)

IDENTIFIKASI : Tim BPBD saat mengidentifikasi lokasi longsoran di Desa Mekarwangi, Rabu (24/2/2021) (foto : DEDEN KUSDINAR/RADAR BANDUNG)

POJOKBANDUNG.com, KAB. BANDUNG – Intensitas hujan yang cukup tinggi akhir-akhir ini mengakibatkan infrastruktur di beberapa wilayah desa terjadi longsor.


Seperti dampak hujan deras yang turun mengguyur terjadi di wilayah Desa Mekarwangi Kec. Ibun, Kab.Bandung belum lama ini.

Lahan tebing sepanjang 12 meter dengan ketinggian 15 meter area milik Awa (70) di KP. Ibunnyalindung RT 02 RW 12 Desa Mekarwangi akibat intensitas hujan yang cukup tinggi mengguyur wilayah roboh atau longsor. Beruntung tidak ada korban dalam kejadian tersebut.

Sebagai langkah upaya tanggap darurat akhirnya pihak Forkompimcam beserta pegiat lingkungan serta masyarakat sempat berjibaku kerja bakti guna menanggulangi material reruntuhan yang sempat menimpa rumah warga serta menutup saluran selokan yang berada di bawahnya .

Sebagai bentuk upaya langkah penanggulangan pada lahan longsoran yang terjadi Badan Penanggulangan Daerah (BPBD) Kab. Bandung beserta Tim Geologi langsung melakukan identifikasi di lokasi wilayah longsor, Rabu (24/2/2021)

Menurut Anggota Satpol PP Kec. Ibun Bagian Bencana, Tedi Suthendi, untuk sementara guna menanggulangi longsor selain telah dilakukan kerja bakti, pihak Dinas Sosial Kab. Bandung memberikan bantuan berupa logistik sembako bagi warga sekitar.

”Karena untuk sementara penghuni rumah yang berada di bawah tebing longsoran ,kadang untuk sementara mengungsi ke rumah saudara terdekat,” terang Tedi.

Sementara menurut Kepala Desa Mekarwangi, H. Endut Suratman yang disampaikan oleh Sekretarisnya Ojon Sonjaya, sangat bersyukur dengan adanya BPBD serta tim lainya yang meninjau ke lokasi bencana.

”Semoga dengan adanya kunjungan dari BPBD, dapat segera membantu dalam pembangunan kembali dilokasi tersebut secepatnya,” tuturnya.

Sedangkan sempat dijelaskan Ojon, di Desa Mekarwangi hampir di semua wilayah RW terdapat lahan yang berpotensi rawan longsor. ”Karena kontur tanah di wilayah Desa Mekarwangi banyak yang bertebing,” jelasnya.

”Atas nama pemerintahan desa saya berharap masyarakat dalam musim hujan seperti  saat ini  agar meningkatkan kewaspadaan di masing-masing wilayah,” pungkasnya.

(den)

Loading...

loading...

Feeds