Bupati Apresiasi Pemuda dan Mahasiswa Pantura

RAKOR : Bupati Subang Kang Jimat memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Penanganan pascabencana di Kabupaten Subang, Rabu (24/2/2021) (foto : M.ANWAR/RADAR BANDUNG)

RAKOR : Bupati Subang Kang Jimat memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Penanganan pascabencana di Kabupaten Subang, Rabu (24/2/2021) (foto : M.ANWAR/RADAR BANDUNG)

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat gelar rapat koordinasi penanganan pasca bencana.Rapat koordinasi yang digelar di Kantor BPBD Subang itu dihadiri oleh beberapa instansi terkait itu, membahas soal pemulihan sosial, ekonomi dan psikologis pasca terjadi bencana.


Diketahui, bencana yang selalu menimpa wilayah Kabupaten Subang adalah banjir yang biasa terjadi di wilayah Subang, khusunya wilayah pantai utara (Pantura).

Bupati Subang bahwa rakor pemulihan sosial, ekonomi dan psikologi pasca bencana itu bertujuan memberikan pemahaman tentang tindak lanjut pasca bencana serta sinkronisasi data.

Selain itu, lanjut Kang Jimat sapaan akrab Bupati Subang, rakor ini juga untuk meningkatkan kerja sama antar OPD terkait di Kabupaten Subang dalam menangani, memperbaiki kerusakan dan kerugian akibat bencana alam dan bencana non alam di bidang sosial, ekonomi dan psikologi.

“Kita berharap bahwa semakin terjalin kerjasama antara BPBD dan instansi terkait, dalam penanganan kebencanaan di Kabupaten Subang,” kata Kang Jimat Rabu (24/2/2021) .

Kang Jimat mengatakan kalau tanpa kerjasama dengan instansi terkait dalam menangani daerah pasca bencana maka kita akan susah menyelesaikan persoalan pasca bencana.

“Sangat diperlukan kerjasama yang baik dengan instansi terkait pasca bencana, seperti akurasi dan sinkronisasi data terkait segala sesuatu yang terdampak pasca bencana,” ucapnya.

Ia juga mengungkapkan kalau pascabencana banyak kebutuhan bagi yang terdampak sehingga sangat diharapkan kerjasama OPD terkait akurasi dan sinkronisasi data sehingga ketika ada bantuan bagi yang terdampak, bantuannya sesuai dan tersalurkan dengan baik.

“Kita sangat berharap ketika pasca bencana tidak ada warga yang terdampak luput dari bantuan atau perhatian pemerintah,” jelasnya.

”Kupas tuntas bagaimana regulasi yang cepat, tepat dan akurat dalam penanggulangan bencana agar upaya yang sudah dilakukan benar benar dirasakan oleh masyarakat,” sambungnya.

“Karena dalam hal ini tidak sedikit masyarakat tidak mengenal proses bupati, tidak mengenal kendala regulasi, yang diinginkan adalah hasil yang terlihat cepat,tepat dan akurat,” tutur Kang Jimat menyikapi pandangan masyarakat yang terkesan menganggap kinerja pemerintah kurang maksimal dalam penanganan bencana.

Dia juga menyampaikan apresiasi upaya pemuda dan mahasiswa Pantura yang dengan sigap memberikan penanganan cepat dilapangan. “Saya apresiasi, saya anggap ini adalah kritik positif bahwa bupati memiliki tim teknis yang harus segera bertindak cepat ” ujar kang jimat.

“Wajar, saya tidak anti kritik, atas tuntutan kinerja ASN, karena digaji oleh rakyat sehingga harus mempertanggung jawabkan kinerja kepada rakyat. Mati kita bekerja dengan niat yang benar, jangan sampai ada niat memanfaatkan kesempatan dalam kesempitan. Karena saat ini saya yang dipercaya rakyat untuk memimpin Subang, mari kita bekerja maksimal, bekerja untuk rakyat Subang,” pungkas Kang Jimat

Dalam laporannya kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Subang H. Hidayat memaparkan sejumlah langkah yang telah dilakukan selama penanganan bencana serta akan dibahas langkah yang akan dilaksanakan pasca bencana.

Hadir acara tersebut Pj. Sekda, staf bupati, kepala BP4D, Kepala BKAD dan perwakilan perangkat daerah terkait.

(anr/b)

Loading...

loading...

Feeds