Dinas Pemadam Kebakaran Kekurangan Anggaran

MEMADAMKAN : Petugas pemadam kebakaran tengah memadamkan api yang membakar sebuah rumah. (foto : Fikriya Zulfah/Radar Bandung)

MEMADAMKAN : Petugas pemadam kebakaran tengah memadamkan api yang membakar sebuah rumah. (foto : Fikriya Zulfah/Radar Bandung)

POJOKBANDUNG.com, SOREANG – Pemerintah Kabupaten Bandung diminta menambah jumlah anggaran yang diberikan kepada Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Bandung. Hal Kadisdamkar Kabupaten Bandung, Sutarno Yono mengatakan dinasnya mendapatkan anggaran sebesar Rp17 miliar. Padahal, idea anggaran yang disediakan sebesar Rp40 miliar.


“Saya sih mengharapkan itu (penambahan anggaran), kalau tidak ya di anggaran perubahan 2021, harus, mau tidak mau harus ada penambahan,” ujar Yono saat wawancara di Soreang, Kamis (18/2/2021).

Yono mengungkapkan bahwa di tahun 2020 dan 2021, pihaknya sudah mengajukan penambahan anggaran. Namun, hal tersebut masih belum bisa diwujudkan karena ada kebijakan terkait dengan refocusing anggaran, yang digunakan untuk penanganan Covid 19.

“Sama kaya tahun kemarin sebesar Rp17 milyar dan itu diambil belanja pegawai sebesar Rp10 milyar. Menurut saya perlu penambahan khusus. Karena idealnya diangka Rp40 milyar itu termasuk untuk personil,” tutur Yono.

Jumlah anggaran yang belum ideal tersebut membuat jumlah personil pemadam kebakaran dan penyelamatan yang tersedia belum ideal. Seharusnya, satu kecamatan memiliki satu kendaraan pemadam kebakaran, yang diisi oleh enam personil. Apalagi, Kabupaten Bandung memiliki luas wilayah yang cukup luas yaitu dengan 31 kecamatan.

Meski demikian, pihaknya tetap bersyukur karena ketersediaan peralatan yang dibutuhkan masih memadai. Hal tersebut dapat dilihat dengan aktifnya Disdamkar Kabupaten Bandung dalam memberikan bantuan jika terjadi kebakaran di wilayah lain.

“Selama ini banyak bantu, kalau terjadi kebakaran di wilayah priangan, contohnya kita bantu Padalarang Cimahi, jadi kita dipemadaman tidak mengenal zona, dimana ada yang membutuhkan, kita terjun,” pungkas Yono.

(fik/b)

Loading...

loading...

Feeds

Sampah Menumpuk di Pasar Gedebage

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Terjadi penumpukan sampah di Pasar Gedebage, Kota Bandung, Senin (17/5). Tumpukan sampah disebut terjadi menjelang lebaran, akibat …