15 Granat Nanas Gegerkan Sukajaya

EVAKUASI : Tim Jibom Polda Jabar mengevakuasi granat nanas di Kasomalang, Subang, Senin (15/2/2021)(foto : M.ANWAR/RADAR BANDUNG)

EVAKUASI : Tim Jibom Polda Jabar mengevakuasi granat nanas di Kasomalang, Subang, Senin (15/2/2021)(foto : M.ANWAR/RADAR BANDUNG)

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Warga Dusun Sukajaya, Desa Kasomalang Kulon, Kabupaten Subang  mendadak dikejutkan dengan penemuan benda diduga granat di samping rumah warga. Granat berbentuk Nanas tersebut ditemukan seorang pekerja yang sedang membuat septik tank, Senin (15/2/2021).


Dede (40) warga setempat, saat itu bersama pekerja lainnya sedang membuat septi tenk rumah milik Asep. Ketika melakukan penggalian tanah pondasi berkedalaman sekitar satu metar tiba-tiba ada benda bulat. Setelah diamati, benda itu berbahan besi bentuknya seperti buah nanas.

“Waktu menggali kan banyak batu batu bulat gitu, posisinya di tengah tengah berdiri. Terus saya lihat bentuknya seperti nanas. Jumlahnya pun cukup banyak, ada 14 buah. Lalu saya simpan dalam ember plastik bahan di belakang rumah Pak Asep,” tutur Dede.

Dede yang tidak tahu besi yang ditemukannya itu granat, bahkan dia sempat menjualnya ke pengepul barang rongsokan. Beruntung, pembeli sempat bertemu dengan Babinsa Kasomalang Kulon (Sertu Cecep) lalu oleh Sertu Cecep diberitahukan bahwa benda tersebut adalah granat nanas. “Saya tidak tahu kalau itu bom. Saya kira besi biasa. Untung enggak saya apa-apakan,” kata Dede.

Kapolsek Jalancagak Kompol Supratman membenarkan adanya temuan itu. Dia mengatakan, benda diduga granat itu ditemukan warga pada saat membuat septi tank Senin (15/2/2021) sekitar pukul 08.00) dan dilaporkan oleh babinsa Kasomlang dan perangkat desa setempat. Setelah menerima laporan, pihaknya langsung datang ke TKP dan mengamankan lokasi temuan.

“Setelah dilakukan pengecekan di TKP, ditemukan lagi satu benda mirip granat. Untuk mengamankan lokasi, sementara ini kita lakukan pemasangan police line untuk menjaga hal-hal yang tidak kita inginkan,” paparnya.

Sebelum diketahui secara pasti apakah granat nanas itu aktif atau tidak, sesuai prosedur pengamanan, menghubungi tim penjinak bom (Jibom) Polda Jabar.

“Saat ini ke 15 granat itu sudah evakuasi oleh tim Jibom Polda Jabar. Kami belum tahu betul aktif apa tidak,”  pungkasnya.

(anr/b)

Loading...

loading...

Feeds

Penerima Vaksinasi Masih Fleksibel

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Ketentuan siapa yang bisa menerima vaksin Covid-19, masih fleksibel. Pasalnya, belum ada hasil penelitian yang valid mengenai …

Puluhan Pejabat Ikuti Open Biding

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Sebanyak 27 Aparatur Sipil Negara (ASN) telah mendaftar untuk mengikuti seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) …

Lubang Bak Kontrol Dibiarkan Terbuka

POJOKBANDUNG.com, SOREANG – Di Jalan Raya Soreang, tepatnya di depan perempatan lampu merah depan Komplek Pemerintah Kabupaten Bandung terdapat lubang …

Jalan Provinsi di Cikalong Terancam Longsor

POJOKBANDUNG.com, CIKALONGWETAN – Jalan raya Provinsi Cikalong-Cipendeuy terancam putus akibat longsor yang memakan bahu jalan. Berdasarkan pantauan, bahu jalan yang …

BRT Tidak Akan Ganggu Trayek Angkot

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Pengembangan angkutan massal berbasis jalan atau bus rapid transit (BRT) yang melintasi Kota Cimahi sudah memasuki tahap …

Vaksinasi Tahap Pertama Segera Selesai

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Vaksinasi COVID-19 tahap I untuk dosis I terhadap tenaga kesehatan (nakes) di Kabupaten Bandung Barat (KBB) dimulai …