Pemerintah Diminta Impor Sapi Trading

MENUNGGU : Seorang pedagang sapi tengah menunggui kios dagangannya yang ada di Pasar Soreang Kabupaten Bandung. (foto : Fikriya Zulfah/Radar Bandung)

MENUNGGU : Seorang pedagang sapi tengah menunggui kios dagangannya yang ada di Pasar Soreang Kabupaten Bandung. (foto : Fikriya Zulfah/Radar Bandung)

POJOKBANDUNG.com, SOREANG – Dengan adanya peningkatan harga daging sapi, pemerintah diminta untuk  melakukan importasi sapi siap potong atau trading. Ketua Aliansi Bandar dan Pedagang Sapi Potong Indonesia (Albapsi), Yayat Sumirat mengatakan bahwa kenaikan harga daging sapi ini bisa merugikan para pedagang.


“Kami menghimbau kepada pemerintah untuk segera mengintervensi terjadinya peningkatan harga daging ini, yang tentunya akan berdampak kepada konsumen,” ujar Yayat di Soreang, Rabu (10/2/2021).

Masyarakat Indonesia khususnya di daerah Jawa Barat, untuk konsumsi daging beku itu sangat kurang. Jadi masyarakat berasumsi bahwa mengkonsumsi daging sapi itu harus segar.

Apalagi, menjelang bulan Ramadhan dan hari raya Idul Fitri maka kebutuhan daging sapi bisa meningkat tiga hingga empat kali lipat. Kata Yayat, itu bisa menjadi hal yang krusial. Untuk saat ini, harga daging sapi di pasaran itu sudah tembus diangka Rp120 ribu sampai Rp125 untuk kelas yang paling bagus, sementara kelas yang paling sedang itu diangka Rp110 ribu.

“Tentunya ini akan berdampak kepada para tukang bakso, para konsumen rumah makan, warung nasi, yang tentunya akan tertekan. Sehingga nilai pendapatan mereka akan turun, ditambah daya belinya masyarakat yang menurun,” ungkap Yayat.

Apabila pemerintah tidak melakukan intervensi, Yayat mengungkapkan bahwa Albapsi Jawa Barat akan melakukan libur bersama selama lima hari untuk menyesuaikan harga dipasaran, dan merecovery management perusahaan.

(fik/b)

Loading...

loading...

Feeds

249 Tersangka Curanmor Diciduk Polres

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Jabar besama Polres maupun Polresta jajaran wilayah hukum Jabar berhasil meringkus …

Pantau Pelayanan, Bupati Sidak RSUD

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat menggelar inspeksi mendadak (sidak) di rumah sakit umum daerah (RSUD). Hal ini dilakukan …

Jumlah Penduduk Terus Meningkat

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Jumlah penduduk di Kota Cimahi terus bertambah, mengakibatkan kepadatan penduduk wilayah Kota Cimahi menjadi yang tertinggi di …