PTSL Sukamantri Bidik 3.681 Bidang

KETERANGAN : Sekretaris Desa Sukamantri Enjang Dedi memberikan keterangan pers, Senin (8/2/2021)(foto : DEDEN KUSDINAR/RADAR BANDUNG)

KETERANGAN : Sekretaris Desa Sukamantri Enjang Dedi memberikan keterangan pers, Senin (8/2/2021)(foto : DEDEN KUSDINAR/RADAR BANDUNG)

POJOKBANDUNG.com, KAB. BANDUNG – Sekitar 3.681 bidang lahan milik masyarakat di wilayah Desa Sukamantri Kec. Paseh Ka. Bandung, menjadi bidikan Program Pemerintah Pusat berkaitan sertipikat masal Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL) di tahun 2021 ini.


PTSL yang populer dengan istilah sertipikasi tanah ini merupakan wujud pelaksanaan kewajiban pemerintah untuk menjamin kepastian dan perlindungan hukum atas kepemilikan tanah masyarakat.

Dalam pelaksanaan program PTSL di Desa Sukamantri sempat diungkapkan Kepala Desa Sukamantri Ode Rahman Hakim yang disampaikan oleh Enjang Dedi selaku Sekertarisnya, saat dijumpai Radar Bandung di tempat tugasnya, Senin (8/2/2021).

Menurut Enjang, sampai saat ini yang ia tahu baru sekitar 400 bidang milik warga yang telah mendaftarkan kepemilikanya, selebihnya para petugas PTSL masih menungu pendaptaran yang lainya.

”Adapun ketua tim di Desa Kami dipegang Kasie Pemerintahan yang saat ini beliau kebetulan lagi tugas ke luar. Dimana beliau dipandang lebih senior serta lebih tahu persis dalam peta kewilayahan,” ujar Enjang.

”Setahu saya kalau di wilayah kami sekitar 75 persen kepemilikan lahan masyarakat sudah akta. Dan hal ini pun sepertinya lebih didahulukan dalam proses pengajuan PTSL ini,karena bisa lebih cepat serta lebih memudahkan untuk proses di BPN nya,” terangnya.

”Namun tidak serta merta yang belum akta kami kesampingkan, semua bersamaan kalau yang sudah lengkap persyaratan meski dari leter C sama diproses dan diprioritaskan dalam pengajuanya,” sambungnya.

Menurutnya, sementara mengenai biaya setahu dirinya, pihak PTSL yang ada di Desa Sukamantri menerapkan pembiayaan sesuai SK 3 Menteri sebesar Rp150 ribu. “Semua yang mengajukan pendaptaran sebagai bukti pelunasan pembayaran adm- nya diberikan kwitansi,” tuturnya.

Dijelaskan lebih jauh oleh Sekertaris Desa Sukamantri ini  dalam program PTSL yang tengah dilaksanakan di Desa Sukamantri ini pengukuran baru terhadap lahan pemukiman.

“Baru sekitar 70 persen yang sudah diukur. Sementara luas keseluruhan lahan wilayah Desa Sukamatri sekitar 110 hektare lebih. Dengan lahan pesawahan di wilayah Desa Sukamantri ini sekitar kurang lebih 5 hektare,” pungkas Enjang Dedi.

 (den)

Loading...

loading...

Feeds

Larang Warga Mudik, Kapolri Minta Maaf

POJOKBANDUNG.com – Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo meminta masyarakat dapat memahami kebijakan pemerintah melarang adanya mudik pada periode libur …