Mencekam, Detik-Detik Banjir Bandang Hantam Puncak Bogor

Warga panik saat banjir bandang menerjang Komplek Gunung Mas, Tugu Selatan, Puncak, Selasa (19/1/2021)/Radarbogor.id

Warga panik saat banjir bandang menerjang Komplek Gunung Mas, Tugu Selatan, Puncak, Selasa (19/1/2021)/Radarbogor.id

POJOKBANDUNG.com, BOGOR – Banjir bandang menerjang kawasan Puncak Cisarua Kab. Bogor, Selasa (19/1/2021).


Tepatnya banjir bandang melanda kawasan Kampung Rawa Dulang, Komplek Gunung Mas, Desa Tugu Selatan, Cisarua.

Suasana mencekam sempat terekam dalam sebuah video berdurasi 21 detik saat banjir bandang menghantam kawasan puncak Bogor ini. Video tersebut berisi kepanikan warga RT 2/2, Desa Tugu Selatan saat menyelamatkan diri.

Nampak dalam video itu anak-anak dan ibu-ibu panik berlarian. Ada pula pengendara yang menawarkan kendaraan mereka ditumpangi untuk menyelamatkan diri.


Selain itu, terdengar bunyi klakson sepeda motor bersahutan serta teriakan dan tangisan.

“A buru a naek a. Buru-buru naek a (bang cepat naik bang. Cepat-cepat naik bang),” teriak kepanikan warga pada awal video.

Akibat bencana ini, sejauh ini ada ratusan warga yang terdampak. Mereka lalu diungsikan ke masjid.

“Telah terjadi banjir bandang daerah Kampung Rawa Dulang Desa Tugu Selatan, 474 warga sudah di evakuasi ke masjid,” ujar Kasi Kedaruratan BPBD Kab. Bogor M Adam kepada radarbogor.id (grup radarbandung.id).

Informasi yang dihimpun banjir bandang terjadi pukul 09.40 WIB. “Lokasi Komplek gunung Mas Blok C, Rt 2/2 Desa Tugu Selatan kecamatan Cisarua,” ujar Camat Cisarua Deni Humaedi.

Belum diketahui ada atau tidaknya korban jiwa dalam bencana banjir bandang di puncak Bogor ini. “Korban jiwa sementara tidak ada. kemudian sebagian warga dekat TKP diungsikan ke tempat yang lebih aman,” tukasnya.

Sementara itu, banjir berisi lumpur tebal dan bongkahan kayu tebangan. Nampak lumpur bercampur air membawa material banjir berisi kayu.

Hingga pukul 12:00 WIB, banjir susulan masih terus terjadi. Sebanyak 474 warga diungsikan ke tempat yang aman. Hingga kini belum ada laporan korban akibat bencana tersebut.

“Ya, telah terjadi banjir bandang (puncak) dan warga sudah dievakuasi oleh BPBD, dan sekarang lokasi-lokasinya sedang BPBD benahi supaya tidak tergenang air dan penumpukan sampah,” kata Bupati Bogor Ade Yasin.

Adapun untuk penyebabnya banjir bandang, Ade Yasin masih menunggu laporan dari lokasi.

“Longsor dan banjir bandang entah dari mana. Kita sedang tunggu laporannya. Apakah itu akibat dari pengelupasan di hutan atau di kebun teh? saya belum resmi mendapatkan informasi lengkap. Yang penting selamatkan dulu masyarakat evakuasi dulu setelah itu yang lain-lain,” jelasnya.

Warga sekitar Komplek Gunung Mas, Tugu Selatan, Puncak, Bogor diimbau waspada akan datangnya banjir bandang susulan.

Kondisi itu pun sempat membuat ratusan warga panik. Tak sedikit mereka berlarian menyelamatkan diri. Namun tak sedikit pula warga berdoa meminta perlindungan pada sang pencipta.

Seperti yang terekam video warga. Terdengar lantunan adzan berkumandang saat air bah banjir bandang menerjang kawasan Komplek Gunung Mas Puncak.

“Allahuakbar-Allahuakbar,” suara lantunan adzan dalam video.

Dalam video berdurasi 30 detik itu nampak banjir bandang menerjang membawa lumpur dan bongkahan batang kayu serta sampah.(ysf)

Loading...

loading...

Feeds

Warga Desa Batulawang Belum Direlokasi

POJOKBANDUNG.com, CIANJUR – Pemerintah Desa Batulawang, Kecamatan Cipanas berharap, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur segera merealisasikan rencana terbaik yang telah dikomunikasikan …

Pangdam Pimpin Serah Terima Jabatan

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Dalam mewariskan nilai-nilai Siliwangi sekaligus mengestafetkan misi tugas dalam membangun kebesaran dan kejayaannya, Kodam III/Siliwangi menggelar acara …

Ajak Perempuan Keluar Zona Nyaman

POJOKBANDUNG.com, PADALARANG – Perempuan di Kabupaten Bandung Barat harus memiliki integritas, tangguh dan mandiri dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Pasalnya, kesan …

Harus Aktifkan Koperasi di Sumedang

 POJOKBANDUNG.com, KOTA – Kepengurusan Dewan Koperasi Indonesia Daerah Kabupaten Sumedang Masa Bhakti 2021-2025 diharapkan mampu mengaktifkan dan menghidupkan kembali koperasi …

Belum Bisa Layani Semua Kecamatan

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Pemadam Kebakaran kota Cimahi mengaku masih kewalahan untuk dapat melayani …

Vaksinasi Covid Telan Rp47 Miliar

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kabupaten Subang mengungkap, di tahun anggaran 2021 ini, Pemda Subang mendapat …

Kompak Bantu Warga yang Isolasi

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Warga Desa Jalancagak, Kaecamatan Jalancagak, Kabupaten Subang memberikan bantuan bagi tetangga yang tengah menjalani isolasi mandiri di …

Ajak Masyarakat Pelihara Budaya Sunda

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna mendukung penuh program “Saur Sepuh” yang diinisiasi oleh PGRI Kota …