Anak-anak Kab. Bandung Wajib Punya KIA, Balita Juga Bisa Dibuatkan

MENUNJUKKAN : Seorang anak tengah menunjukkan Kartu Identitas Anak (KIA) miliknya.

MENUNJUKKAN : Seorang anak tengah menunjukkan Kartu Identitas Anak (KIA) miliknya.

POJOKBANDUNG.com, SOREANG – Tahun 2021, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bandung akan menggalakkan pencetakan Kartu Identitas Anak (KIA).


Kepala Disdukcapil Kabupaten Bandung, Salimin mengatakan KIA sama dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) bagi orang tua. Artinya, setiap anak wajib punya KIA.

“Tahun ini saya akan coba galakkan KIA, karena tahun 2020 saya lebih mengutamakan KTP, karena tahun politik,” ujar Salimin di Soreang, Rabu (6/1).

Oleh karena itu, dalam rangka menyadarkan masyarakat tentang KIA, maka pihaknya gencar melakukan sosialisasi. Baik itu melalui media radio maupun melalui aplikasi video zoom. Selain itu, Disdukcapil Kabupaten Bandung juga memiliki program DMM atau Disdukcapil menyapa masyarakat.

“Kalau KIA, batasan umurnya mulai satu hari sampai 17 tahun kurang sehari. Jadi saya lebih mengutamakan KIA itu anak SD dan SMP, kecuali anak balita yang menghendaki, ya silahkan, “ sambungnya.

Setiap hari, pihaknya melakukan pencetakan sebanyak 500 KIA. Guna menunjang program pencetakan KIA ini, pihaknya akan membeli mesin printer KIA. Selain itu, Salimin mengatakan bahwa akan ada pembelian Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM).

“Untuk ADM yang diusulkan empat, saya rubah, jadi dua saja, karena keperluannya tidak terlalu urgen. Yang urgen itu adalah mesin printer untuk KIA,” pungkas Salimin.

(fik)

Loading...

loading...

Feeds