Petani Milenial Bandung Akan Kelola 200 Hektar Lahan Tidur

MEMETIK : Seorang petani tengah memetik hasil tani di sebuah kebun yang ada di wilayah Kabupaten Bandung.

MEMETIK : Seorang petani tengah memetik hasil tani di sebuah kebun yang ada di wilayah Kabupaten Bandung.

POJOKBANDUNG.com, SOREANG – Kabupaten Bandung memiliki lebih dari 200 hektar lahan tidur yang bisa digunakan untuk menunjang program petani milenial.


Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bandung, Tisna Umaran mengapresiasi program petani milenial yang digagas oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Katanya, di Kabupaten Bandung ada lebih dari 200 hektar lahan tidur yang bisa dimanfaatkan.

“Kalau menurut saya mah bagus, sok aja kasihkan, daripada misalnya ada lahan tidak bertuan, tidak digarap, bagus lah setuju,” ujar Tisna saat dihubungi via telepon, Selasa (15/12).

Meskipun menyetujui, namun Tisna menekankan bahwa pertanian bukan hanya kegiatan bercocok tanam saja, namun didalamnya ada kegiatan bisnis. Jadi, lanjut Tisna, harus dipikirkan terkait bagaimana pemasaran dari produk pertanian yang dihasilkan.

“Harus dipikirkan juga hasil pertaniannya dijual kemana, kan itu tidak gampang, ya kita berharap kita dilibatkan, supaya ya sama-sama,” kata Tisna.

Tisna mengungkapkan bahwa untuk saat ini, belum ada pembicaraan dengan pemerintah daerah terkait program petani milenial tersebut. Oleh karena itu, akan dilihat terlebih dahulu terkait dengan persyaratan yang harus dipenuhi jika ingin bergabung.

“Tentu kita lihat nanti persyaratannya apa, terus yang milenial itu definisinya bagaimana, terus milenial itu apakah dia jago IT, terus mengerti tidak masalah pertanian, jadi saya tunggu dulu juklak juknisnya,” tutur Tisna.

Jika program petani milenial ini terlaksana, Tisna berharap pemerintah provinsi intens berkoordinasi dengan kabupaten/kota yang memiliki lahan untuk pelaksanaan program.

“Dan kita berharap bahwa nanti provinsi itu intens dengan kabupaten/kota yang ada lahannya, supaya pembinaannya berkelanjutan,” tutup Tisna.

(fik)

Loading...

loading...

Feeds

Nyabu, Vokalis Band Kapten Diringkus

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Satuan Reserse Narkoba Polrestabes Bandung mengamankan seorang pria berinisial AZ. AZ diciduk dari kamar kostnya yang berada …

Update Gempa Mamuju Sulbar: 34 Meninggal

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Korban akibat gempa Sulawesi Barat bertambah. Sampai dengan Jumat (15/1/20210) pukul 14.00 WIB, jumlah korban meninggal menjadi …