‘Jawara Kampung’ Hasut 36 Warga Cipada KBB Tolak Swab Test Covid-19

POJOKBANDUNG.com, CISARUA – Sebanyak 36 warga Desa Cipada, Kec. Cisarua, Kab. Bandung Barat menolak untuk melakukan swab test Covid-19.


Seharusnya tes tersebut mereka lakukan lantaran adanya 2 warga orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 pada lingkungan tempat tinggal mereka.

Kadinkes Bandung Barat, Hernawan Widjaja katakan, tengah berupaya membujuk warga untukmau melakukan swab test dengan bantuan petugas puskesmas dan aparat kewilayahan yang turun tangan.

“Iya betul ada 36 orang warga Desa Cipada menolak swab test padahal ada yang terkonfirmasi positif. Sebetulnya awalnya yang menolak ada 42, tapi 6 orang mau swab,” katanya, Jumat (11/12).

Hernawan menduga penolakan warga lantaran adanya oknum tokoh masyarakat yang membisiki warga untuk menolak swab test.

“Jadi ada tokoh atau seperti jawara kampung yang menghasut warga tidak usah mau swab test. Karena itu hanya akal-akalan saja, akhirnya warga-warga itu menurut sama si jawara itu,” ucapnya.

Sementara itu, warga yang akhirnya mau menjalani swab test mengaku takut diteror tokoh tersebut. Namun warga mengaku mereka juga takut hasilnya akan positif.

“6 orang yang swab test itu mengaku takut juga hasilnya positif. Tapi kita berikan pemahaman, kalau positif akan kita rawat. Sekarang katanya bertambah 6 orang lagi yang mau swab, tapi baru jadwalkan untuk pekan depan,” bebernya.

Berdasarkan informasi, kasus positif Covid-19 di desa tersebut berawal saat seorang warga terkonfirmasi positif melakukan swab test.

“Akhirnya kita swab test dan hasilnya positif. Tracing awal ternyata kerabatnya ada yang positif juga, bertambah jadi 2. Nah, yang 42 orang ini kontak erat dengan kedua pasien itu, mereka wajib swab test,” pungkasnya.

(kro)

Loading...

loading...

Feeds

Kompak Bantu Warga yang Isolasi

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Warga Desa Jalancagak, Kaecamatan Jalancagak, Kabupaten Subang memberikan bantuan bagi tetangga yang tengah menjalani isolasi mandiri di …

Ajak Masyarakat Pelihara Budaya Sunda

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna mendukung penuh program “Saur Sepuh” yang diinisiasi oleh PGRI Kota …

Kerugian Bencana Capai Rp816 Juta

POJOKBANDUNG.com, SUKABUMI — Selama Januari hingga Februari 2021, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi, mencatat terdapat 23 kejadian bencana. …

Angin Kencang, Pohon Timpa Mobil

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Sebuah mobil tertimpa pohon tumbang di Jalan Raya Cijambe, Subang. Akibatnya bodi kendaraan pun ringsek. Peristiwa yang …

Dorong Bupati Rampingkan SOTK

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) Pemkab Subang dinilai terlalu gamuk sehingga pembuatan perencanaan dan penyusunan anggaran …

Bakal Punya Wadah Industri Kreatif

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Wakil Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan bertekad mewujudkan industri kreatif milenial. Gagasan itu rupanya tak main-main. Upaya …