Warga Kab. Bandung Siap-siap Mengungsi, Waspada Cuaca Ekstrim

POJOKBANDUNG.com, SOREANG – Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung, Akhmad Djohara mengaku sudah membuat surat himbauan yang diberikan kepada camat untuk menyikapi cuaca ekstrim dan bencana hidrometeorologis.


“Jadi, kita sudah menyebarkan surat imbauan kepada aparat pemerintah kewilayahan, agar itu disosialisasikan kepada masyarakat terutama yang bermukim di daerah yang berpotensi longsor,” ujar Akhmad saat dihubungi via telepon, Minggu (6/12).

Dengan adanya peningkatan curah hujan, Akhmad meminta masyarakat untuk waspada ketika hujan besar. Jika memang daerahnya memiliki potensi longsor yang cukup tinggi, maka dirinya meminta aparat kewilayahan untuk mengungsikan warga di lingkungan tersebut. Hal tersebut dilakukan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Akhmad memastikan bahwa anggota BPBD Kabupaten Bandung selalu stand by dan siaga setiap saat. Saat ini Kabupaten Bandung berada dalam status siaga. Namun jika keadaannya menjadi berat maka statusnya bisa naik menjadi tanggap.

“Hampir semua daerah rawan longsor, karena kan kita wilayahnya perbukitan, Bandung Utara seperti Cimenyan, Cilengkrang hingga Cileunyi,” jelas Akhmad.

Untuk penanggulangan bencana, pihaknya sudah menyiapkan berbagai macam alat bantu seperti karung dan cangkul termasuk juga alat berat seperti beko.

(fik)

Loading...

loading...

Feeds