Libur Dipangkas, Kemenhub Ungkap Masyarakat Tetap Ingin Keluar Kota

POJOKBANDUNG.com – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengatakan, berdasarkan hasil survei, sebanyak 27 persen masyarakat yang jadi responden menyatakan akan tetap melakukan perjalanan di akhir tahun meskipun pemerintah telah memangkas libur nasional dan cuti bersama akhir tahun ini sebanyak 3 hari.


Seperti diketahui, kebijakan pemangkasan hari libur sebanyak 3 hari, yakni 28, 29, dan 30 Desember 2020 tersebut diharapkan dapat menekan penyebaran virus Covid dari masyarakat yang berniat ke luar kota.

“Potensi yang melakukan perjalanan sekitar 27 persen,” kata Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi dalam konferensi pers virtual, Jumat (4/12).

Budi mengungkapkan, mereka yang memutuskan untuk melakukan perjalanan memiliki tujuan yang berbeda-beda, ada yang memiliki tujuan mudik ke kampung halaman sebesar 40 persen, lokasi wisata 11 persen, rumah saudara 11 persen, dan lainnya 37 persen.

“Jadi, kembali ke rumah orang tua masing-masing mungkin untuk silaturahmi,” imbuhnya.

Sementara, masyarakat yang paling banyak akan melakukan perjalanan berasal dari Jabodetabek, yakni 31,64 persen, selanjutnya Jawa Tengah dan Sulawesi Utara yang masing-masing 10,22 persen dan 8,75 persen.

Sedangkan rincian tujuan kota perjalanan, yaitu 20,28 persen ke Jateng, 13,59 ke Jatim, dan 10,60 persen ke Jabar di luar Jabodetabek.

“Tujuan perjalanan paling banyak biasanya memang sama setiap tahun juga adalah ke Jawa Tengah, kemudian Jawa Timur, berikutnya Jawa Barat,” tuturnya.

(jpc)

Loading...

loading...

Feeds