Flu Burung Matikan Ratusan Unggas di KBB

POJOKBANDUNG.com, CIHAMPELAS – Ratusan unggas milik warga Kecamatan Cihampelas, Kab. Bandung Barat mati mendadak. Diduga kuat unggas tersebut terkena virus flu burung. 


Kepala Bidang Kesehatan Hewan (Keswan) Dispernakan, Wiwin Apriyanti mengaku mengetahui kejadian tersebut berawal dari laporan masyarakat.

“Kebetulan kemarin ada laporan kasus kematian ayam terus kita cek dan periksa ke lokasi ternyata kematiannya itu dari hari Jumat (30/11) lalu,” katanya kepada Radarbandung.id via Ponsel, Kamis (3/12/2020).

Wiwin katakan, untuk memastikan penyebab kematian ratusan unggas tersebut pihaknya langsung melakukan tes. Hasilnya menunjukkan bahwa unggas ini terpapar virus flu burung.

“Kita cek hari Rabu setelah test positif flu burung. Kita mencari informasi dari peternaknya ternyata mereka baru mendatangkan ayam dari luar daerah,” ungkapnya.

Saat ini, kata Wiwin, unggas yang terpapar virus flu burung tersebut merupakan ayam kampung. Virus ini bisa menular ke jenis unggas lain dengan kontak langsung dan juga dapat menular kepada manusia.

“Jadi biasanya flu burung muncul setiap pergantian musim. Biasanya seperti sekarang kan musim hujan, jadi daya tahan tubuh ternaknya turun jadi banyak unggas yang terserang,” tuturnya.

Case Fatality Rate nya sangat tinggi, dimana unggas yg terinfeksi kemungkinan besar akan mati. Seperti kasus yang terjadi saat ini, satu ayam yang terinfeksi cepat menyebar ke kawanannya dalam satu kandang/satu tempat permainan, akhirnya mati semua,” jelasnya.

Wiwin mengungkap, ciri utama unggas terpapar flu burung yakni adanya kematian unggas dalam waktu yang terbilang cepat.

“Ciri-ciri fisik yang dapat terlihat dari unggas yang mati karena flu burung adalah jengger berwarna kebiru-biruan,” ucapnya.

Ia menegaskan, penyebaran virus dapat dicegah dengan pemberian vaksin flu burung dan mengimbau warga untuk mengisolasi terhadap unggas yang baru datang.

“Ayam yang baru datang tidak boleh langsung menyatukan pada satu kandang. Penularan virus tersebut bisa terjadi kepada sesama unggas yang lain,” urainya.

Wiwin mengimbau, agar masyarakat untuk senantiasa menjaga kebersihan kandang dan juga menerapkan biosecurity dengan baik. “Saya mengimbau untuk tidak menyatukan unggas yang sakit dengan unggas yang sehat,” tandasnya.

(kro)

Loading...

loading...

Feeds

Gisel Penuhi Wajib Lapor Diantar Kekasih

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA-Gisella Anastasia kembali memenuhi panggilan panggilan polisi untuk wajib lapor terkait kasus video syur dirinya dengan Michael Yukinobu. Gisel …