Janjikan Anggaran Khusus untuk Pelestarian Lingkungan

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Hari menanam pohon nasional menjadi momentum meningkatkan komitmen masyarakat dan pemerintah dalam menjaga lingkungan. Penghijauan lahan harus terus dilakukan dan menjadi salah satu program prioritas pemerintah.


Hal ini mengemuka saat Calon Bupati Bandung nomor urut 3, Dadang Supriatna melakukan penanaman pohon di kawasan panyaungan, desa nagrak, kecamatan Cangkuang kabupaten Bandung. Dalam acara itu, ia didampingi sejumlah aktivis lingkungan hidup.

Dadang Supriatna menegaskan, penanaman pohon dalam rangka hari menanam nasional ini merupakan komitmen dirinya terhadap lingkungan. Ia berjanji jika terpilih akan mengalokasikan anggaran untuk pelestarian lingkungan, termasuk penghijauan di sejumlah kawasan yang rentan akan bencana alam.

Ia pun memiliki program agar selain melakukan penanaman pohon di tanah milik pemerintah, juga akan menghimbau kepada seluruh masyarakat kabupaten Bandung agar melakukan penanaman pohon di tanah atau halaman rumah pribadi.

“Penanaman pohon ini akan menjadi program yang simultan, tidak hanya sekedar simbolis saja,” kata dia.

Sementara itu, aktivis lingkungan, eyang Memet Menilai, penanaman pohon yang dilakukan bersama calon Bupati Dadang Supriatna ini merupakan tanaman bumbu, seperti pohon salam, pohon kemiri, serta pohon tanjung.

Pemilihan tanaman bumbu sendiri selain dapat menjadi sumber resapan air, juga dapat menjadi sumber kelestarian alam lainnya, yakni menambah populasi beraneka ragam burung, karena dapat menjadi sumber pangan.

Ia mengkritisi program Citarum harum, dimana dalam program Citarum harum penanaman pohon dilakukan di tanah milik negara, sehingga tidak dapat mengubah pola masyarakat.

“Tentu kami mengapresiasi program calon Bupati Bandung Dadang Supriatna yang mengajak masyarakat untuk melakukan penanaman pohon di tanah pribadi, karena ada keterlibatan masyarakat,” pungkasnya.

(rls)

Loading...

loading...

Feeds

BP JAMSOSTEK Sambut Bulan K3 Nasional

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG–Indonesia memperingati Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional pada tanggal 12 Januari sampai dengan 12 Februari setiap tahunnya. …

Sajian Makan Siang Murah Meriah ala Hotel

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Istirahat makan siang menjadi momen yang paling ditunggu, terutama oleh para karyawan perkantoran. Namun waktu yang terbatas, …