Awas, Kota Bandung Menuju Zona Merah, Hindari Kerumunan

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana saat meninjau salah satu arena bermain di Bandung/IST

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana saat meninjau salah satu arena bermain di Bandung/IST

POJOKBANDUNG,com, BANDUNG – Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengakui level kewaspadaan Covid-19 sudah berada zona merah. Namun, hal demikian baru pada tingkat provinsi Jabar.


Karena itu, untuk saat ini, ia menegaskan tidak akan ada lagi penambahan relaksasi di Kota Bandung.

“Kami estimasi reproduksi virus masih di bawah satu tetapi berdasarkan parameter provinsi Jabar, indeks kami sudah di bawah 1,80 masuk lagi ke zona merah,” ujar Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, Senin (23/11/2020).

“Kelihatannya kita enggak akan berikan relaksasi dulu karena kan kondisinya sekarang dinamis,” timpal Yana.

Yana menyatakan, kalau lihat tingkat hunian rumah sakit, tempat tidur sudah pada angka 86 persen (terisi). Jika berada di atas angka 60 persen, maka sudah agak mengkhawatirkan.

Melihat kondisi ini, Yana katakan, harus terus melakukan pengawasan.

“Masyarakat juga harapan kami ikut terlibat dalam pengawasan karena biasa mereka mengetahui bila ada kerumunan dan bisa melaporkannya ke Gugus Tugas atau aparat setempat,” katanya.

Soal penyebaran Covid-19, Yana menilai saat ini lebih banyak karena kerumunan.

Ia pun mengingatkan warga agar patuh menerapkan protokol kesehatan yakni 3M 1T (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan tidak berkerumun), karena saat ini sudah mulai menurun.

“Kalau evaluasi itu tingkat kepatuhan warga menurun, saya lupa angkanya, tapi ada penurunaan saat pembahasan dalam Ratas (rapat terbatas) kemarin (minggu lalu),” pungkasnya.

Kadinkes Kota Bandung Rita Verita mengungkap, per 22 November 2020 angka positif aktif Covid-19 Kota Bandung sebanyak 370, sembuh 2.404 dan meninggal : 110 jiwa.

“Dari kasus tersebut ketersediaan tempat tidur 88,63% dari 739 yang tersedia, atau yang terisi sekitar 655 dan yang kosong sebanyak 84,” ungkap Rita.

Menurut Rita, Kota Bandung sekarang berada pada zona oranye Covid-19 dengan resiko sedang dan total skore 1,83.

Untuk hal ini langkah Pemkot Bandung, terus melakukan masif testing, dan agresif rracing.

Selain itu juga menyiapkan rumah isolasi pada beberapa tempat bagi masyarakat yang terkonfirmasi positif tanpa gejala.

“Juga menambah tempat tidur untuk kasus Covid ini pada beberapa RS dan sudah menambah total kurang lebih 86 tempat tidur. Termasuk RSKIA menambah 54 tempat tidur khusus untuk Covid,” paparnya.

(mur)

 

Loading...

loading...

Feeds