Jorge Lorenzo Tersingkir, Yamaha Rekrut Cal Crutchlow

POJOKBANDUNG.com – Cal Crutchlow tidak akan lama-lama menganggur. Akhir musim ini, dia bakal berpisah dengan LCR Honda. Nah, kemarin (13/11) Yamaha meminang pembalap asal Inggris tersebut. Dia diplot sebagai pembalap uji pada musim 2021.


’’Pengalaman panjang dan pendekatan yang jujur dari Cal akan bermanfaat untuk meningkatkan motor kami dengan program pengujian penuh tahun depan,’’ papar Direktur Pelaksana Yamaha Motor Racing Lin Jarvis di laman resmi MotoGP.

Kepastian itu sekaligus mengakhiri tugas Jorge Lorenzo sebagai test rider Yamaha musim ini. ’’Kami mendoakan yang terbaik buat Jorge di masa mendatang,’’ ucap Jarvis.

Yamaha bukanlah tim baru buat Crutchlow. Selama tiga tahun pertamanya di kelas MotoGP, dia menunggangi YXR-M1 bersama Yamaha Tech3. Sebelumnya, pada 2010, dia turun menggunakan motor Yamaha di ajang WSBK. Pada 2008, dia menjadi kampiun kelas world supersport, juga bersama Yamaha.

’’Ini proyek yang sangat menarik untuk aku lakukan,’’ ucap Crutchlow. Apalagi, merujuk pada pengalaman panjangnya di kelas premier, dia sangat cocok dengan proyek sebagai pembalap uji Yamaha.

Sebagaimana diketahui, Crutchlow bakal berpisah dengan LCR Honda akhir musim ini. LCR adalah tim yang menaunginya sejak musim 2015. GP Portugal di Portimao pekan depan akan menjadi momen perpisahannya dengan LCR.

Sebelumnya, dia dikaitkan dengan Aprilia untuk menggantikan peran Andrea Iannone. Apalagi, larangan membalap buat Iannone ditambah menjadi empat tahun karena kasus doping.

’’Aku sudah memberi tahu Aprilia. Aku tidak ingin mengerjakan proyek mereka,’’ kata Crutchlow. Dia juga menampik soal isu tawaran sebagai pengganti Marc Marquez yang sedang menjalani masa pemulihan.

Sebelumnya, kabar kehadiran Crutchlow turut dikomentari rider Monster Yamaha Valentino Rossi. ’’Bagiku, (perekrutan) Cal adalah ide bagus karena dia cepat dan masih (aktif) sebagai pembalap,’’ papar pembalap yang dijuluki The Doctor tersebut.

Hubungan baik dua pembalap veteran itu bisa membantu Yamaha untuk tampil kompetitif musim depan.

Sementara itu, Rossi akan membalap bersama Petronas Yamaha bersama muridnya, Franco Morbidelli. Sebelumnya, Rossi juga berharap banyak agar Andrea Dovizioso bisa menjadi pembalap uji Yamaha. Tetapi, Dovi memutuskan cuti sepanjang musim depan.

(nap/c19/bas)

Loading...

loading...

Feeds

Telkomsel Hadirkan To The POIN Festival

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA–Menjelang perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, Telkomsel kembali memberikan program spesial kepada seluruh pelanggan setia dengan menggelar …