Mata Air Ciwidey Digunakan Ramai-ramai, Tim PDAM Akan Tertibkan Pemakainya

Dirut PDAM Tirta Raharja, Rudy Kusmayadi.

Dirut PDAM Tirta Raharja, Rudy Kusmayadi.

POJOKBANDUNG.com, SOREANG – Dirut PDAM Tirta Raharja, Rudy Kusmayadi mengatakan ketersediaan air di sumber mata air yang berada di daerah Ciwidey, berkurang. Menurut Rudy, banyak pihak yang memanfaatkan sumber air tersebut.


“Jadi kayaknya memang harus ditertibkan. Dan nanti coba dibicarakan dengan Perhutani dan LMDH (Lembaga Masyarakat Daerah Hutan),” ujar Rudy di Soreang, Selasa (10/11).

Rudy menuturkan bahwa pihak yang memberi izin pihak lain bisa memanfaatkan sumber air di daerah Ciwidey adalah Perhutani dan LMDH.

“Jadi air ke kita itu sudah banyak diambil dan dimanfaatkan. Karena bak yang sekarang, dikasih ijin, dipake kayanya, dimanfaatkan juga airnya. Seperti Taman Cigado,” tuturnya.

Di daerah Ciwidey ada sekitar 4.000 lebih pengguna PDAM dengan kekuatan air sebesar delapan liter per detik. Menurut Rudy, seharusnya cukup. Namun karena ada pihak lain yang juga ikut mengambil manfaat dari air itu, membuat pihaknya agak tekor.

“Kalau di Ciwidey itu, karena terlalu banyak yang memanfaatkan di sumbernya. Kita akan berkoordinasi dengan Perhutani dan Tim PDAM untuk menertibkan pemakaian-pemakaian air disitu. Karena perpipaannya itu milik PDAM, walaupun sumbernya milik pemerintah yang ada di kawasan Perhutani,” papar Rudy.

Rudy memastikan pelayanan kepada pelanggan tetap lancar. Dirinya berharap pelanggan PDAM bisa dengan seefisien mungkin menggunakan air dan bisa juga menyediakan bak penampungan.

“Karena memang sistem yang ada di mata air kurang handal, jadi tiba-tiba bisa mati atau airnya keruh. Jadi kalau kita punya cadangan, itu bisa,” pungkasnya.

Loading...

loading...

Feeds