Vaksin Covid-19 AstraZeneca Siap Luncur pada Desember 2020

POJOKBANDUNG.com – Industri farmasi asal Inggris AstraZeneca memastikan vaksin Covid-19 tersedia akhir tahun ini. Dikatakan vaksin Covid-19 bisa tersedia pada Desember.


“Jika otoritas siap untuk cepat saat kami siap, kami dapat mulai memvaksinasi masyarakat mungkin pada akhir Desember,” kata Kepala Eksekutif Pascal Soriot seperti dilansir dari South China Morning Post, Senin (9/11).

Vaksin tersebut sudah memasuki uji coba fase 3 pada September. Sedangkan kandidat vaksin dapat siap digunakan pada akhir Desember, menunggu persetujuan regulasi.

“Otoritas regulasi terus bekerja dengan data kami. Jika mereka cepat saat kami siap, kami bisa mulai memvaksinasi,” tegas Pascal Soriot.

Kendati menyatakan siap akhir Desember, tapi peneliti belum mengetahui seberapa batas kekebalan seseorang harus divaksin. Termasuk rentan waktu pengulangan vaksinasi. “Tidak ada yang tahu seberapa sering Anda harus memvaksinasi,” kata Soriot.

Namun, Soriot mencatat bahwa banyak ahli yakin akan ada kebutuhan untuk vaksinasi ulang. “Tapi kita harus memastikan vaksin itu benar-benar berfungsi,” katanya.

Vaksin tersebut memasuki uji coba fase 3 pada September. Namun sempat dihentikan sementara karena masalah efek samping pada peserta di Inggris, tetapi sejak itu dilanjutkan.

Uni Eropa, AS, Inggris, Jepang, dan Brasil telah menandatangani kontrak awal dengan AstraZeneca untuk pengiriman vaksin jika pengobatan disetujui. Vaksin tersebut dapat disetujui untuk digunakan di Tiongkok pada pertengahan 2021 setelah mengumpulkan data keamanan dari uji coba fase 1 dan fase 2 di negara tersebut dan data kemanjuran dari uji coba fase 3 di luar negeri.

(jpc)

Loading...

loading...

Feeds

Nakes di Bandung Rasakan Efek Vaksin Covid-19

POJOKBANDUNG.com , BANDUNG – Tahap pertama pelaksanaan suntik vaksin Covid-19 di Kota Bandung sudah dimulai, Kamis (14/1/2021). Sejumlah Puskesmas dan …

Nyabu, Vokalis Band Kapten Diringkus

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Satuan Reserse Narkoba Polrestabes Bandung mengamankan seorang pria berinisial AZ. AZ diciduk dari kamar kostnya yang berada …

Update Gempa Mamuju Sulbar: 34 Meninggal

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Korban akibat gempa Sulawesi Barat bertambah. Sampai dengan Jumat (15/1/20210) pukul 14.00 WIB, jumlah korban meninggal menjadi …