Segera Hapus, 21 Aplikasi Android Ini Dikatakan Berbahaya

POJOKBANDUNG.com – Baru-baru ini ditemukan 21 aplikasi Android di Google Play Store memiliki adware tersembunyi yang disebut HiddenAds. Hal ini dikemukakan Avast, perusahaan keamanan siber dan antivirus yang berbasis di Ceko.


Dikatakan, adware bersembunyi di dalam aplikasi yang menyenangkan atau berguna dan mencoba menyajikan iklan yang mengganggu pengguna di luar aplikasi. Ini bukan pertama kalinya malware seperti ini terdengar. Faktanya, ini pertama kali ditemukan pada 2019. Selain hanya bersembunyi di balik aplikasi, malware ini terkadang bahkan dapat menyembunyikan ikon aplikasi sehingga menyulitkan pengguna untuk menemukannya dan menghapus instalannya.

Setelah penemuan Avast, Google telah menghapus sebagian besar aplikasi ini dari Play Store-nya. Karena itu, kami sarankan untuk menghapus semua 21 aplikasi Android ini dari smartphone Anda.

Berikut daftar lengkap 21 aplikasi Android berbahaya temuan Avast:

Shoot Them
Crush Car
Rolling Scroll
Helicopter Attack – New
Assasin Legend – 2020 New
Helicopter Shoot
Rugby Pass
Flying Skateboard
Iron it
Shooting Run
Plant Monster
Find Hidden
Rotate Shape
Jump Jump
Sway Man
Dessert Against
Money Destroyer
Cream Trip – New
Props Rescue
Find 5 Differences – 2020 NEW
Find the Differences – Puzzle Game

Seperti yang Anda lihat, daftar tersebut sebagian besar berisi aplikasi permainan yang menyenangkan menjadikannya tempat tersembunyi yang sempurna untuk malware. Dilansir via 91Mobiles, semua aplikasi yang terinfeksi ini telah diunduh sekitar delapan juta kali menurut laporan tersebut.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Google telah menghapus sebagian besar aplikasi ini dari Play Store-nya kecuali dua yang terbawah. Game tersebut adalah Find 5 Differences – 2020 NEW dan Find the Differences – Puzzle Game. Tidak ada tanggapan yang jelas dari Google tentang mengapa kedua aplikasi ini tidak dihapus dari toko.

Sebagian besar aplikasi ini diterbitkan oleh pengembang tidak dikenal yang mungkin telah menggunakan banyak saluran media sosial untuk memasarkannya. Pemasaran ini, pada gilirannya, memberi mereka banyak unduhan bersama dengan ulasan positif.

Karena itu, Anda harus segera menjauh dari aplikasi yang terinfeksi ini tidak peduli seberapa menyenangkan atau menarik tampilannya. Mereka umumnya dirancang sedemikian rupa sehingga malware seperti HiddenAds dapat melakukan tugasnya dengan baik dan mudah.

Ini bukan pertama kalinya Avast melaporkan aplikasi Android yang terinfeksi dengan malware semacam itu. Kembali pada bulan Juni, perusahaan antivirus melaporkan sekitar 30 lebih aplikasi terlibat dalam aktivitas penipuan sementara pada bulan Juli, perusahaan tersebut menangkap 25 aplikasi yang mencuri kredensial Facebook.

(jpc)

Loading...

loading...

Feeds

Habib Rizieq Minta Maaf

POJOKBANDUNG.com,JAKARTA– Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab minta maaf karena beberapa waktu lalu dirinya membuat kerumunan massa …

Libur Natal-Tahun Baru Dipangkas 3 Hari

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA– Libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 (Nataru) akhirnya jadi dipangkas. Pemerintah memutuskan mengurangi jatah libur Nataru selama …

Viral Azan Serukan Jihad

POJOKBANDUNG,com, BANDUNG – Aksi sekelompok orang yang mengumandangkan azan pada beberapa tempat viral di media sosial (medsos). Namun, dari panggilan …