DPR: Kurikulum Pendidikan dan Sektor Wisata Perlu Diubah

FT – Alvy Adianto


 

……..

 

AJAR : Sejumlah guru melakukan kegiatan belajar mengajar menggunakan daring karena adanya pandemi Covid 19.

 

………..

 

Pandemi Covid 19 Bawa Perubahan Di Sektor Pendidikan Dan Pariwisata

 

POJOKBANDUNG.com, SOREANG – Pola kegiatan masyarakat diprediksi akan berubah usai terdampak pandemi Covid 19. Baik di sektor kesehatan, pariwisata hingga pendidikan.

Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Dede Yusuf Macan Effendi memprediksi bahwa akan ada perubahan yang signifikan. Misalnya di sektor pendidikan, Dede mengungkap bahwa ini adalah momen untuk merubah kurikulum. Sebagaimana diketahui, pada era industri 4.0 terjadi ekonomi distractive atau ada lapangan kerja yang ditinggalkan. Sementara pola pendidikan, masih fokus pada pekerjaan yang mungkin akan ditinggalkan.

“Jadi mulai berbicara pendidikan industri kreatif maju, apa yang dikemudian hari ini dibutuhkan, nah ini momentumnya, satu tahun ini belajar, belajar, belajar dan belajar,” ungkap Dede saat wawancara di Soreang, Jumat (6/11).

Selain sektor pendidikan, Dede juga menuturkan akan perubahan di sektor pariwisata, yang saat ini masih mengandalkan segmen tradisional. Oleh karena itu, nilai-nilai pariwisata dan kebudayaan harus didorong.

“Dengan added value, yaitu inovasi, kreatifitas, teknologi, digital dan sebagainya,” ujar Dede.

Setelah pandemi Covid 19 usai, Dede berharap para pelaku sektor pariwisata ini akan memiliki skil yang baru. Yaitu bagaimana bisa menerima kondisi yang baru sebagai sebuah tata cara dalam berbisnis. Kementerian Pariwisata harus memperbanyak Bimbingan Teknis (Bimtek),  ataupun kegiatan yang berdampak langsung kepada masyarakat agar terjadi upgrading skill selama pandemi Covid 19.

“Jadi, bimtek ini sebetulnya program rutin. Tetapi di era pandemi ini, kita mengkonversikan beberapa kegiatan event menjadi kegiatan bimbingan teknis untuk meningkatkan potensi pelaku ekonomi wisata dan ekonomi kreatif,” pungkas Dede.

(fik)

Loading...

loading...

Feeds

43 Prajurit TNI Ditukar US Army

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Andika Perkasa menerima kunjungan beberapa perwakilan dari tentara Amerika untuk Indonesia. Dalam pertemuan …