Sepuluh Inovasi Kelurahan Cibabat Tangkal Corona

PEDULI : Kelurahan Cibabat Kota Cimahi terus berupaya mencegah penyebaran Covid-19, dengan melakukan gerakan sejuta masker serta memberikan sembako kepada warga. (Foto : GATOT POEDJI UTOMO/RADAR BANDUNG)

PEDULI : Kelurahan Cibabat Kota Cimahi terus berupaya mencegah penyebaran Covid-19, dengan melakukan gerakan sejuta masker serta memberikan sembako kepada warga. (Foto : GATOT POEDJI UTOMO/RADAR BANDUNG)

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Kelurahan Cibabat Kota Cimahi telah melakukan sejumlah upaya untuk mencegah penyebaran Covid-19. Selain itu, hingga saat ini Kelurahan Cibabat, tengah berbenah menghadi lomba Intervensi Keluarahan Aman Covid-19.


Lurah Cibabat, Seta Dewa mengatakan, sejauh ini dalam kampanye menjaga dan mencegah penyebaran covid-19 di wilayah Kelurahan Cibabat diantaranya, melaksanakan sosialisasi dan edukasi ke seluruh RW di Cibabat agar senantiasa menjalankan protokol kesehatan.

“Misalnya, melaksanakan 4M dalam setiap pelaksanaan aktifitas baik di luar maupun di rumah,” kata Seta kepada Radar Bandung.

Selain itu, lanjut dia, pihaknya pun membuat surat edaran dalam rangka penerapan AKB dan mengimbau pelaksanaan PSBM di tingkat RW.

“Intinya, jangan sampai Cimahi kembali ke zona merah,” ucapnya.

Sementara itu, langkah lain yang dilakukan dalam rangka lomba intervensi kelurahan aman covid-19, Kelurahan Cibabat punya sedikitnya sepuluh inovasi.

“Lomba ini, bertujuan untuk menurunkan angka warga terpapar covid 19, sekaligus menjadikan Kota Cimahi zona hijau secara berkelanjutan,” tuturnya.

Adapun salah satu kegiatan paling mendasar dan rutin dilaksanakan, kata Seta, yakni gerakan sejuta masker yang dilaksanakan oleh kelurahan cibabat bersama lembaga tingkat kelurahan.

“Lembaga yang bekerjasama yaitu PKK, LPM, PKSS, Karta, FPRB,” ujarnya.

Dia menambahkan, untuk pelaksanaan gerakan sejuta masker ini sendiri, dibagi menjadi beberapa kali pelaksanaan.

“Sedangkan untuk anggaran giat gerakan sejuta masker, sepenuhnya merupakan dana CSR dari pelaku usaha dan bantuan dari tokoh masyarakat, tokoh agama, dan sumbangan dari warga yg mampu dan peduli,” ungkapnya.

Dia menyebutkan, jumlah kasus konfirmasi positif di Kelurahan Cibabat sebelum dilaksanakan lomba intervensi kelurahan aman covid 19, tergolong tinggi. Dengan jumlah konfirmasi aktif 20 orang, termasuk 8 orang pada locus di RW 8.

“Tapi, semenjak dilaksanakan lomba dan dilakukan beberapa program kegiatan yg mengacu pada variabel penilaian lomba, alhamdulillah trend kasus positif covid 19 di kelurahan cibabat menurun, bahkan jumlah kasus positif pada locus di RW 8 sudah nol,” pungkasnya.

(gat).

Berikut sepuluh inovasi Lomba Intervensi Kelurahan Aman Covid-19 yang dilakukan Kelurahan Cibabat.

1. Patromaks (Patroli Masker)
2. Mupeng (Mou dengan pengusaha)
3. Rumah singgah geulis
4. Baso Aci (bantuan sosial bagi warga vmcibabat)
5. Cibabat sigacor (siaga corona)
6. Ketan Ujang (Ketahanan pangan Ubi, jagung, singkong, pisang)
7. CLBK (Cek langsung badan kita) dalam setiap pelaksanaan pelayanan.
8. SODOK (short video edukasi) COVID 19
9. Pasar cibabat online
10. Sosialisasi THR 4M (Tidak berkekerumun, Hindari keramaian, Rajin membersihkan lingkungan, Memakai Masker, Menjaga Jarak, Mencuci Tangan dengan Sabun, Menjaga Imun).

Loading...

loading...

Feeds